Analisis SWOT Untuk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Dairi

Authors

  • Toman Sony Tambunan Universitas HKBP Nommensen, Medan

Keywords:

Analisis SWOT, Pengembangan Pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan pariwisata Kabupaten Dairi sebagai objek wisata. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil data akan digunakan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman objek wisata pariwisata Kabupaten Dairi.

Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa untuk strategi pengembangan pariwisata Kabupaten Dairi, diantaranya adalah: Pertama, Meningkatkan kualitas sarana, prasarana, dan infrastruktur yang mendukung kepariwisataan. Kedua, Meningkatkan kegiatan kepariwisataan berskala nasional maupun internasional. Ketiga, Melakukan promosi objek wisata secara berkelanjutan ke tingkat nasional maupun internasional. Keempat, Mengembangkan berbagai nilai produk objek pariwisata. Kelima, Melibatkan partisipasi masyarakat dan semua pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan objek wisata. Keenam, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia para pelaku kepariwisataan. Ketujuh, Mengembangkan sektor pariwisata berbasis kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-30

How to Cite

Sony Tambunan, T. (2024). Analisis SWOT Untuk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Dairi. Journal Business and Management, 2(1), 178-187. Retrieved from https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2277