Pengaruh influencer credibility dan parasocial interaction terhadap minat berkunjung ke Danau Toba Samosir

Authors

  • Evie Dina Fiorentini Sianipar Universitas HKBP Nommensen
  • Pantas H. Silaban Universitas HKBP Nommensen
  • Gloria J. M. Sianipar Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

Influencer credibility, Parasocial interaction

Abstract

Peran influencer credibility dalam pemasaran pariwisata diselidiki dalam memengaruhi perilaku minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini mengkaji bagaimana influencer credibility dapat mempengaruhi minat berkunjung. Terdapat dua dimensi influencer credibility yaitu keahlian dan Objektivitas. Melalui kedua dimensi tersebut akan membentuk minat berkunjung wisatawan. Kemudian parasocial interaction menggambarkan hubungan sepihak yang dibentuk individu dengan karakter dari televisi atau media lainnya dan dapat memiliki hasil karakter positif dan negatif. Melalui parasocial interaction akan membentuk minat berkunjung wisatawan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Dilakukan pengujian menggunakan analisis structural equation modeling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa influencer credibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Intention to Visit. Sehingga, influencer credibility menjelaskan informasi tertentu bukan menjadi faktor yang dapat membentuk intention to visit wisatawan. Kemudian parasocial interaction berpengaruh positif dan  signifikan terhadap intention to visit. Ketika wisatawan sudah merasakan parasocial interaction akan membentuk intention to visit. Dengan demikian, Pemasaran ke Danau Toba Samosir dapat dikembangkan dengan media sosial salah satunya Instagram melalui parasocial Interaction yang akan meningkatkan minat berkunjung wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-30

How to Cite

Sianipar, E. D. F., Silaban, P. H. ., & Sianipar, G. J. M. . (2024). Pengaruh influencer credibility dan parasocial interaction terhadap minat berkunjung ke Danau Toba Samosir. Journal Business and Management, 2(1), 200-211. Retrieved from https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2278