Analisis pengaruh harga, kualitas dan brand images terhadap keputusan pembelian barang-barang thrifting

Authors

  • Siti Alhamra Salqaura Universitas Medan Area
  • Sri Sarah Br G. Manik Universitas Medan Area
  • Silvia Andika Febriani Universitas Medan Area
  • Dony Hasiando Silalahi Universitas Medan Area

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Thrifting merupakan kegiatan membeli barang-barang bekas yang masih layak pakai. Pada saat ini thrifting banyak dilakukan oleh anak-anak muda khususnya anak-anak kuliahan yang ingin memakai pakaian yang fashionable namun memiliki harga yang murah juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas, dan brand image terhadap keputusan pembelian barang-barang thrifting. Metode dari penelitian ini ialah kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer, serta buku, artikel, dan jurnal lain sebagai data skunder. Teknik sampling yang digunakan untuk penelitian ini ialah cluster sampling dengan jumlah sample sebanyak 87 orang. Karakteristik dari sample ini ialah merupakan mahasiswa FEB Universitas Medan Area yang merupakan mahasiswa angkatan 2020, 2021, dan 2022, serta pernah membeli barang-barang thrifting. Penelitian ini membutuhkan waktu selama 4 bulan mulai April 2023- Juli 2023. Alat yang digunakan dalam penelitian ini ialah software IBM Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya harga yang memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dan secara simultan harga, kualitas produk, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap memperhatikan ketiga variabe agar keputusan pembelian khususnya keputusan pembelian barang-barang thrifting tetap terjaga

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-30

How to Cite

Salqaura, S. A. ., Br G. Manik, S. S. ., Febriani, S. A. ., & Silalahi, D. H. . (2024). Analisis pengaruh harga, kualitas dan brand images terhadap keputusan pembelian barang-barang thrifting. Journal Business and Management, 2(1), 219-229. Retrieved from https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2286