Pengaruh direct marketing, product quality dan customer satisfaction terhadap minat beli ulang pada live streaming marketing Tiktok
Keywords:
Direct Marketing, Product Quality dan Customer SatisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalasis pengaruh Direct Marketing, Product Quality, dan Satisfaction Customer bersama-sama terhadap Minat Beli Ulang pada Live Streaming Marketing TikTok di Kota Berastagi.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat asosiatif, pengambilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling . populasi yang digunakan yaitu pengguna aplikasi TikTok dikota Berastagi. Responden yang digunakan adalah yang sudah berumur 17 tahun sampai 45 tahun yang pernah melakukan pembelian di live marketing aplikasi TikTok dan kuesioner disebarkan secara online kepada responden. Jumlah total kuesioner yang disebar dengan google form yaitu 100 kuesioner yang kemudian akan dilakukan pengujian menggunakan SPSS verssion 22 untuk mengetahui data yang telah terkumpul valid atau tidak valid. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dari penelitian dengan judul Pengaruh Direct Marketing, Product Quality, dan Customer Satisfaction Terhadap Minat Beli Ulang Pada Live Streaming Marketing TikTok (Studi Pada Pengguna Aplikasi TikTok Di Berastagi) diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Direct Marketing (X1) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y). Hal ini dibuktikan dengan t-tabel 0,990 t-tabel < 1,984 dan signifikansinya 0,325 > 0,05 menunjukkan bahwa Direct Marketing (X1) pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Berastagi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Product Quality (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Minat Beli Ulang (Y). Hal ini dibuktikan dengan t-tabel 5,208 > t-tabel 1,984 dan signifikansinya 0,000 < 0,05 Hal ini menunjukkan bahwa Product Quality (X2) pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Berastagi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Customer Satisfaction (X3) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Beli Ulang (Y). Hal ini dibuktikan dengan t-tabel 4,033 > t-tabel 1,984 dan signifikansinya 0,000 < 0,05 Hal ini menunjukkan bahwa Customer Satisfaction (X3) pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Berastagi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Direct Marketing (X1), Product Quality (X2), Customer Satisfaction (X3) bersama sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y). Hal ini dibuktikan dengan uji F-hitung 27,992 > F-tabel 2,70 dan signifikansinya 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa Direct Marketing (X1), Product Quality (X2), Customer Satisfaction (X3) bersama sama (simultan) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y) pada pengguna aplikasi TikTok di Berastagi.