Pengaruh kepuasaan konsumen dalam memediasi keputusan pembelian online (studi kasus mahasiswa HKBP Nommensen)
Keywords:
Keputusan pembelian online, kepuasan konsumenAbstract
Penelitian in bertujuan untuk menganalisa pengaruh promosi, digital marketing dan e-wom sebagai variabel independen terhadap keputusan pembelian online sebagai variabel dependen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Model analisis pengujian menggunakan outer model, inner model, direct effects, dan specific indirect effect dengan menggunakan aplikasi Smart PLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung promosi, e-wom, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online, sedangkan digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Digital marketing dan e-wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara tidak langsung digital marketing dan e-ewom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui kepuasan konsumen. Sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui kepuasan konsumen.