Pengaruh kepuasaan konsumen dalam memediasi keputusan pembelian online (studi kasus mahasiswa HKBP Nommensen)

Authors

  • Leonardo Davidsi Sipayung Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

Keputusan pembelian online, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk menganalisa pengaruh promosi, digital marketing dan e-wom sebagai variabel independen terhadap keputusan pembelian online sebagai variabel dependen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Model analisis pengujian menggunakan outer model, inner model, direct effects, dan specific indirect effect dengan menggunakan aplikasi Smart PLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung promosi, e-wom, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online, sedangkan digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Digital marketing dan e-wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara tidak langsung digital marketing dan e-ewom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui kepuasan konsumen. Sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-30

How to Cite

Sipayung, L. D. (2024). Pengaruh kepuasaan konsumen dalam memediasi keputusan pembelian online (studi kasus mahasiswa HKBP Nommensen). Journal Business and Management, 2(1), 272-284. Retrieved from https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2298