ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT SHOPEE INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.51622/jbm.v1i1.614Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan baik secara langsung dan tidak langsung pada PT. Shopee Indonesia. Objek penelitian ini adalah PT Shoppe Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 230 responden. Teknik analisis data menggunakan SEM-AMOS Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,516, ada pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap loyalitas sebesar 0,558 dan ada pengaruh positif dan signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,415.