https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/issue/feed Journal Business and Management 2025-10-28T11:14:20+00:00 Sri Ida Royani Simanjuntak sri.simanjuntak@uhn.ac.id Open Journal Systems <p>Journal Business and Management (JBM) merupakan media informasi dan sarana untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen pada bidang Bisnis dan Manajemen di ruang lingkup ilmu bisnis dan Manajemen. Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah di publikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggung jawab penulis. Jurnal akan diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan April dan Oktober</p> https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2890 PENGARUH BRAND IMAGE DAN KEMASAN RUMAH LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI PASCA PEMBOIKOTAN PRODUK UNILEVER DU KOTA MEDAN 2025-09-09T04:49:21+00:00 Roesly Banjarnahor roesly.banjarnahor@student.uhn.ac.id <table> <tbody> <tr> <td> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image dan kemasan ramah lingkungan terhadap nita beli pasca pemboikotan produk Unilever di Kota Medan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purpose sampling dengan sampel sebanyak 120 responden. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap pembeli Produk unilever pasca pemboikotan di Kota Medan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image (X1) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap niat beli dengan tingkat signifikansi -596 &lt; 0,05 dan nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel (-532 &lt; 307). Namun kemasan ramah lingkungan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan tingkat signifikansi 0,000 &lt; 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (8,495 &gt; 307).</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2025-10-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2885 Pengaruh Work Life Balance,Kompetensi dan Kepuasan Kerja Terhada Kinerja Pegawai pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara 2025-09-09T04:46:45+00:00 chionia siregar chionia.siregar@student.uhn.ac.id Tri Melda Sitorus trimelda@uhn.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Work Life Balance, Kompetensi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Komunikasi <br>dan Informatika Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 64 responden, dan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Work Life Balance (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai t hitung sebesar 3,399 (sig. 0,001), Kompetensi (X2) dengan t hitung 2,237 (sig. 0,029), dan Kepuasan Kerja (X3) dengan t hitung 3,915 (sig. 0,000). Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (kinerja pegawai), dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 12,480 dan signifikansi 0,000 (lebih kecil dari 0,05). Adapun nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,384, yang berarti 38,4% variasi kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh Work Life Balance,Kompetensi, dan Kepuasan Kerja, sedangkan sisanya sebesar 61,6% dijelaskan olehvariabel lain di luar model penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkanbahwa peningkatan Work Life Balance, Kompetensi, dan Kepuasan Kerja secarasignifikan dapat meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan Dinas Komunikasi danInformatika Provinsi Sumatera Utara.</p> 2025-10-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2881 Kepercayaan Konsumen Memediasi Live Streaming dan Price Discount Terhadap Keputusan Pembelian Gen Z Pengguna Shopee di Kota Medan 2025-09-09T04:45:49+00:00 talenta situmorang talenta.situmorang@student.uhn.ac.id Romindo Pasaribu romindo.pasaribu@uhn.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming dan price discount terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi pada generasi Z pengguna aplikasi Shopee di kota Medan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada generasi Z pengguna aplikasi Shopee di kota Medan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SmartPLS versi 4.0. Metode analisis yang digunakan adalah Strutural Equation Modelling (SEM), model pengukuran (outer model), pengukuran struktural (inner model) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, live streaming berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi, price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi</p> 2025-10-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2943 ANALISIS ORIENTASI PELUANG DAN FOKUS PADA PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KRESNA KAMPUNG INGGRIS PARE) 2025-10-28T11:12:58+00:00 Muhammad Fajar Padlin Nasution muhammadfp.nasution@wbi.ac.id Bilson Pandiangan bilson.pandiangan@wbi.ac.id Nora br Sinulingga nora.sinulingga@wbi.ac.id <p>This study aims to examine the application of opportunity orientation and customer focus on customer satisfaction at Kresna, Kampung Inggris Pare. This study is a descriptive quantitative study, which uses an online survey via Google Forms to collect data and obtained a total of 121 student respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results of the analysis show that opportunity orientation has a positive and significant effect on customer satisfaction. Customer focus has a positive and significant effect on customer satisfaction. Simultaneously, opportunity orientation and customer focus have a positive and significant effect on customer satisfaction, with a contribution of 61.1%.</p> 2025-10-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2892 Analisis Efektivitas Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kepesertaan Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota 2025-09-09T04:50:17+00:00 destria destria.r@wbi.ac.id <p>Penelitian ini tujuannya guna menganalisis efektivitas strategi promosi untuk tingkatkan kepesertaan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota, khususnya di sektor informal ataupun Bukan Penerima Upah (BPU). Penelitian ini memakai metode mix method, yakni gabungan antara kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ialah masyarakat yang bekerja di sektor informal, dengan sampel sebanyak 97 responden. Analisis data dilaksanakan melalui matriks SWOT dan QSPM guna mengidentifikasi faktor internal serta eksternal yang pengaruhi strategi promosi BPJS Ketenagakerjaan. Hasil penelitian membuktikan strategi promosi yang paling dirasakan oleh masyarakat di sektor informal ialah melalui iklan (advertising) dengan jumlah total sebesar 1.287. Analisis faktor internal memakai matriks IFE menghasilkan skor total 3,07, sementara analisis faktor eksternal memakai matriks EFE menghasilkan skor total 3,25. Dari analisis matriks IE, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota berada pada kuadran I, yang menjelaskan posisi tumbuh serta berkembang. Strategi yang direkomendasikan yakni strategi intensif, meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar, serta pengembangan produk. Analisis SWOT merekomendasikan penerapan strategi Strength-Opportunities (SO), dengan alternatif strategi yang dikuantifikasi melalui matriks QSPM. Dari hasil QSPM, strategi yang dipilih ialah memperkuat digital marketing melalui media sosial dan situs resmi, dengan skor tertinggi sebesar 5,96. Strategi ini diikuti oleh strategi memperluas sosialisasi masyarakat dan inovasi media cetak sebesar 5.81, dan strategi meningkatkan komunikasi interpersonal dan pelayanan prima sebesar 5.58. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan strategi digital marketing menjadi langkah yang paling efektif untuk meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di sektor informal.</p> 2025-10-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2888 STRATEGI KOMUNIKASI MELIBATKAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BINJAI 2025-09-09T04:48:11+00:00 Dermawaty sihombing dermawatyshb@gmail.com <p>This study aims to analyze the communication strategy for involving the public in public services at the Population and Civil Registration Office of Binjai City to improve public services. The method used in this study is a descriptive qualitative approach. Researchers conducted observations, direct interviews with the community, discussion forums with community organizations, service users, the Education Office, academics, and the mass media. Data analysis techniques were also conducted through documentation studies. After obtaining the results, researchers analyzed the data using strategic theory, Harold Laswell's communication theory, and communication psychology. The results indicate that the Population and Civil Registration Office of Binjai City has implemented a public communication strategy, focusing on planning, implementation, and evaluation, presented in an engaging manner through communication media.</p> 2025-10-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2884 Pengaruh Self Efficacy dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Camat Kota Tanjungbalai 2025-09-09T04:47:21+00:00 nadya sitorus nadya.aura@student.uhn.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh selfefficacy dan kompetensi terhadap kinerja pegawai kantor camat Kota Tanjung Balai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang responden. Berdasarkan uji regresi yang dilakukan diperoleh regresi linier berganda dengan Y =13,712 + 0,920X1+1,289X2. Sehingga dapat disimpulkan variabel X yaitu self-efficacy dan kompetensi memiliki pengaruh positif terhadap variabel terikat yaitu kinerja pegawai di Kantor Camat Kota Tanjung Balai. <br>Berdasarkan uji t apabila dibandingkan dengan nilai t tabel, nilai t hitung pada variabel self efficacy (X1) memiliki nilai t hitung sebesar 2,273 &gt; 1,695 dengan tingkat probabilitas (sig) sebesar 0,030 &lt; 0,05. Apabila dibandingkan dengan nilait tabel, nilai t hitung pada variabel kompetensi (X2) lebih besar dari nilai t tabel <br>3,383 &gt; 1,695 dengan tingkat probabilitas (sig) sebesar 0,002 &lt; 0,05 dapat <br>disimpulkan bahwa self efficacy dan kompetensi memiliki pengaruh signifikan <br>terhadap kinerja pegawai kantor Camat Kota Tanjung Balai. Hasil uji R2 diperoleh <br>nilai R square sebesar 0,547, Hasil uji F sebesar 18,691 sehingga diketahui bahwa <br>pengaruh yang diberikan oleh variabel self-efficacy, kompetensi dan kinerja <br>pegawai sebesar 54,7% sedangkan sisanya 45,3% dipengaruhi oleh variabel lain <br>yang tidak termasuk dalam penelitian ini.</p> 2025-10-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2879 PENGARUH WORK-LIFE BALANCE DAN KEPUASAN KERJA DI ERA DIGITAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.ASABRI (PERSERO) KANTOR CABANG SURABAYA 2025-09-09T04:44:30+00:00 gita bangun gita.bangun@student.uhn.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh work-life balance dan kepuasan kerja pada PT. ASBARI (Persero) Kantor Cabang Surabaya. Keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, serta tingkat kepuasan kerja yang dipengaruhi oleh digitalisasi, dapat meningkatkan atau menurunkan kinerja karyawan di lingkungan perusahaan yang bergerak di bidang layanan sosial dan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda dengan teknik pengambilan sampel teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel 50 responden. Metode penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work-life balance memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai t-hitung sebesar 2,044 &gt; t –tabel sebesar 2,012 dan nilai signifikansi 0,44 &lt; 0,05. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung sebesar 7,801 &gt; t-tabel sebesar 2,012 dan nilai signifikansi 0,000 &lt; 0,05. Work-life balance dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan dengan nilai f hitung sebesar 73,405 &gt; f hitung sebesar 3,20 serta nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,747 yang berarti 74,7% variasi kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh work-life balance dan kepuasan kerja.</p> 2025-10-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2944 RENCANA PEMASARAN DIGITAL MELALUI GOOGLE DAN TOKOPEDIA DENGAN METODE SOSTAC (STUDI PT BUANA RANTAI BERKAT ABADI) 2025-10-28T11:14:20+00:00 Tih Sio Sih tihsiolih.11@wbi.ac.id Binsar Sihombing binsar.sihombing@wbi.ac.id Bilson Pandiangan bilson.pandiangan@wbi.ac.id <p><em>Digital marketing has become an important component in the business strategy of modern companies, especially with the development of technology and easy access to online platforms. This study aims to develop an effective digital marketing plan using Google and Tokopedia platforms by applying the SOSTAC (Situation, Objectives, Strategy, Tactics, Action, and Control) methodology at PT. Buana Rantai Berkat Abadi. This study uses qualitative methods with interview techniques with company owners and direct observation. At the situation stage, internal and external environment analysis with SWOT analysis is carried out to understand the company's position in the market and identify the opportunities and threats faced by the company. The results of the study determine the company's future goals, which are described in the objectives stage. The digital marketing strategy was formulated in the Strategy stage by looking at the results of the SWOT analysis, namely the method of combining the strengths-opportunities, strengths-threats, weaknesses-opportunities, and weaknesses-opportunities strategies. Tactics will show what the company needs to do to implement the strategy. Action is described by the actions that can be taken by the company, one of which is by creating a new division that focuses on digital marketing. Then, the Control stage contains the benchmarks for the success of each activity to be carried out by the company. The results of the research with SWOT analysis and the goals to be achieved by the company in the future. The recommended segmentation is palm oil mills throughout Indonesia with a positioning as experts in the field of Mechanical Power Transmission. Then, the marketing plan has been adjusted to the results obtained in the Action and Control sections.</em></p> 2025-10-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2942 KOREAN WAVE DAN SERVICESCAPE TERHADAP PURCHASE INTENTION DI K3 MART CABANG KESAWAN MEDAN 2025-10-27T12:32:58+00:00 paulina sijabat sijabatpaulina19@gmail.com Romindo Pasaribu romindo.pasaribu@uhn.ac.id <p>K3 Mart sebuah minimarket bertema lifestyle mart dengan konsep memasak dan menyediakan meja dan tempat duduk untuk makan di tempat, menawarkan berbagai macam makanan dan jajanan khas Korea serta menjual produk dari Korea dan negara Asia lainnya. K3 Mart memiliki suasana yang unik, desain dan dekorasi yang menarik serta banyak poster idol Korea yang menjadi ciri khas dari K3 Mart.<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan menemukan pengetahuan pengaruh korean wave dan servicescape terhadap purchase intention pada K3 Mart cabang Kesawan kota Medan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 konsumen K3 Mart cabang Kesawan kota Medan.<br>Hasil penelitian korean wave berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. (2) servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.</p> 2025-10-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Journal Business and Management