https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/issue/feedJournal Business and Management2025-06-07T09:46:19+00:00Sri Ida Royani Simanjuntaksri.simanjuntak@uhn.ac.idOpen Journal Systems<p>Journal Business and Management (JBM) merupakan media informasi dan sarana untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen pada bidang Bisnis dan Manajemen di ruang lingkup ilmu bisnis dan Manajemen. Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah di publikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggung jawab penulis. Jurnal akan diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan April dan Oktober</p>https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2785DAMPAK BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI 2025-06-01T12:43:00+00:00Desvitaranidesvitarani67@sudents.unnes.ac.id<table> <tbody> <tr> <td> <p>Artikel ini mengkaji dampak budaya kerja organisasi terhadap kinerja pegawai dengan menyoroti bagaimana nilai dan norma yang diterapkan di lingkungan kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Melalui metode studi literatur, penelitian ini mengidentifikasi elemen budaya kerja positif, termasuk komunikasi efektif, kolaborasi tim, dan pengakuan atas kinerja individu. Hasilnya menunjukkan bahwa budaya organisasi yang mendukung dapat memberikan dampak positif untuk peningkatan kinerja pegawai. Dengan memahami hubungan antara budaya organisasi dan kinerja karyawan, perusahaan dapat menciptakan lingkungan yang lebih positif untuk meningkatkan kinerja karyawan.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal Business and Managementhttps://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2782ANALISIS BRAND AWARENESS, BRAND POSITIONING, PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR LISTRIK MEREK GREEN TECH DI KOTA MEDAN2025-05-28T04:26:25+00:00martha Nainggolanmartha21@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>brand awareness, brand positioning,</em> dan <em>perceived quality</em> terhadap keputusan pembelian sepeda motor listrik merek Green Tech di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal terhadap 98 responden yang telah menggunakan produk Green Tech. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>brand awareness</em> dan <em>perceived quality</em> memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan <em>brand positioning</em> tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, ketika diuji secara simultan, <em>brand awareness, brand positioning</em>, dan <em>perceived quality</em> secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian.</p>2025-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal Business and Managementhttps://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2761STRATEGI KOMUNIKASI KPU KOTA BINJAI DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA 2025-05-27T10:43:09+00:00firaprtwfiraaaprtw@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi publik yang dilakukan oleh KPU Kota Binjai dalam meningkatkan literasi dan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dimana peneliti melakukan observasi melalui analisis media sosial instagram @kpukotabinjai, wawancara langsung dengan kpu dan studi dokumentasi sebagai teknik analisis data. Setelah mendapatkan hasil, peneliti menganalisis data menggunakan teori strategi, teori komunikasi Harlold Laswell dan psikologi komunikasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa KPU Kota Binjai telah melaksanakan strategi komunikasi publik dengan memperhatikan unsur perencanaan, implementasi dan evaluasi yang dikemas secara menarik melalui media komunikasi.</p>2025-05-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal Business and Managementhttps://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2803DAMPAK BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI2025-06-06T04:23:46+00:00Dermawatydermawatyshb@gmail.com<table> <tbody> <tr> <td> <p>Artikel ini mengkaji dampak budaya kerja organisasi terhadap kinerja pegawai dengan menyoroti bagaimana nilai dan norma yang diterapkan di lingkungan kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Melalui metode studi literatur, penelitian ini mengidentifikasi elemen budaya kerja positif, termasuk komunikasi efektif, kolaborasi tim, dan pengakuan atas kinerja individu. Hasilnya menunjukkan bahwa budaya organisasi yang mendukung dapat memberikan dampak positif untuk peningkatan kinerja pegawai. Dengan memahami hubungan antara budaya organisasi dan kinerja karyawan, perusahaan dapat menciptakan lingkungan yang lebih positif untuk meningkatkan kinerja karyawan</p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-06-09T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal Business and Managementhttps://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2799PENGARUH REWARD DAN DIGITALISASI LAYANAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG PEMATANG SIANTAR2025-06-01T12:44:38+00:00Adi Ardiansyah Pasaribuadi.ariansah@student.uhn.ac.id<table> <tbody> <tr> <td> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh reward dan digitalisasi layanan terhadap kinerja karyawan pada PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Pematang Siantar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reward (X1) tidak berpengaruh signifikan tetapi positif terhadap kinerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,568 > 0,05 dan digitalisasi layanan sebagai X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,008 < 0,05. dan diperoleh nilai R-square sebesar 0,884 (88,4%). Hasil tersebut memiliki arti bahwa kemampuan variabel independen (reward dan digitalisasi layanan) dalam menjelaskan variasi variabel dependen (kinerja karyawan) adalah sebesar 21,5 %, sedangkan sisanya sebesar 78,5 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal Business and Managementhttps://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2784PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI PADA COFFEE FORE DI ISKANDAR MUDA MEDAN2025-06-01T12:41:51+00:00fransesco sianiparsianiparfransesco@gmail.com<table> <tbody> <tr> <td> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara social media marketing, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada coffee fore di Iskandar Muda Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Medan dengan jumlah sampel 112 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dengan memperoleh nilai signifikansi 0,028 < 0,05. Variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dengan memperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dengan memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,005.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal Business and Managementhttps://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2781DAMPAK CRYPTOCURRENCY TERHADAP PEREKONOMIAN DI DUNIA2025-05-28T04:25:15+00:00fakri yonandafakriyonanda43@gmail.com<table> <tbody> <tr> <td> <p>Perkembangan teknologi informasi akan berhubungan dengan seluruh bidang termasuk bidang keuangan. Mata uang kripto (<em>Cryptocurrency</em>) atau sering disebut dengan mata uang virtual/digital merupakan hasil dari sebuah perkembangan teknologi keuangan <em>(financial technology</em>). Mata uang digital mulai banyak digunakan sebagai alat pembayaran pada internet. Dengan adanya teknologi <em>Blockchain</em> didalamnya, menjadikan membuat biaya transaksi menjadi lebih murah. Penelitian ini menjelaskan dampak dari <em>Cryptocurrency</em> terhadap Perekonomian Indonesia dan sikap pemerintah terhadap teknologi yang ada didalamnya. Dari sisi teknologi yang ditawarkan, <em>cryptocurrency</em> merupakan perkembangan dari teknologi keuangan yang memungkinkan akan mengganti uang kertas menjadi uang digital dalam transaksi keuangan dimasa depan. Diharapkan pemerintah dapat mengkaji teknologi yang terdapat pada <em>cryptocurrency</em> dengan lebih mendalam sehingga kebijakan yang dibuat nantinya tidak melarang teknologi yang terdapat pada cryptocurrency serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar lebih memahami tentang cryptocurrency.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal Business and Managementhttps://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2753ANTESEDEN LOYALITAS MEREK DENGAN PENDEKATAN MEDIASI PADA PRODUK SKINTIFIC (STUDI PADA MAHASISWA/I UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN)2025-05-27T10:47:42+00:00rebekka pakpahanrebekka.pakpahan@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman merek, kecintaan merek, kepercayaan merek sebagai mediasi terhadap loyalitas merek. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: <em>Theory of planned behavior </em>Metode penelitian yang digunakan adalah <em>Structural Equation Modelling</em> (SEM) dengan Smart PLS 4.0 untuk melakukan pengolahan data. Sampel penelitian terdiri dari 130 responden<em>. </em>Hasil penelitian ini mengemukakan pengalaman merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek pada produk skintific, kecintaan merek tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek pada produk skintifc, selanjutnya kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek pada produk skintific, kecintaan merek berpengaruh signifikan terhadap pengalaman merek pada produk skintific, kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap pengalaman merek pada produk skintific, kecintaan merek tidak dapat memediasi pengaruh antara pengalaman merek terhadap loyalitas merek pada produk skintific, kepercayaan merek dapat memediasi pengaruh antara pengalaman merek terhadap loyalitas merek pada produk skintific</p>2025-04-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal Business and Managementhttps://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2800ANALISIS CONSUMER ANIMOSITY DAN CONSUMER ETHNOCENTRISM TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK CINA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN2025-06-01T12:46:26+00:00selly m rajagukguk Rajagukgukselly.margaretha@student.uhn.ac.idRomindo M Pasaribumegawati.pasaribu@gmail.comTri Melda M.L Sitorusmeldasitorus2@gmail.comYulvitriyan Sebayangyulvitriyanisebayang@gmail.com<table> <tbody> <tr> <td> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh <em>consumer animosity</em> dan <em>consumer ethnocentrism</em> terhadap <em>purchase intention</em> produk Cina. Analisis data dilakukan dengan metode Regresi Linear Berganda menggunakan software SPSS versi 26. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 89 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas HKBP Nommensen Medan. consumer animosity berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. <em>Consumer ethnocentrism</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Nilai <em>Adjust R Square</em> yang diperoleh sebesar 0,570 yang berarti 57% <em>purchase intention</em> dapat dijelaskan oleh <em>consumer animosity</em> dan <em>consumer ethnocentrism</em>, sementara sisanya 43% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal Business and Management