https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/issue/feed Journal Business and Management 2024-10-31T02:16:50+00:00 Leonardo Davidsi Sipayung leonardo.sipayung@uhn.ac.id Open Journal Systems <p>Journal Business and Management (JBM) merupakan media informasi dan sarana untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen pada bidang Bisnis dan Manajemen di ruang lingkup ilmu bisnis dan Manajemen. Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah di publikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggung jawab penulis. Jurnal akan diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan April dan Oktober</p> https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2546 PERSONALISASI DAN MOTIVASI HEDONIS DALAM MENCIPTAKAN PENGALAMAN PELANGGAN DAN LOYALITAS DALAM RITEL OMNICHANNEL 2024-10-27T15:08:13+00:00 Angelique Y.S. Lase Angelique@gmail.com Romindo Pasaribu sri.simanjuntak@uhn.ac.id Gloria J M Sianipar sri.simanjuntak@uhn.ac.id Bilson Pandiangan sri.simanjuntak@uhn.ac.id <p>Munculnya internet di era modern menjadi semakin nyata dan berdampak pada banyak orang, termasuk pada generasi Y saat ini. Sebagai hasil dari munculnya internet di era modern ini, bisnis <em>omnichannel</em> bermunculan. Bisnis omnichannel ini mengelola saluran dengan cara yang terintegrasi untuk mengoptimalkan kerja sama di antara berbagai saluran. Dengan menerapkan personalisasi pemasaran dan memanfaatkan konsumen yang cenderung konsumtif atau hedonis dalam bisnis <em>omnichannel</em> ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman pelanggan dan loyalitas pelanggan.Analisis data yang dilakukan dengan metode <em>Partial Least Square</em> (PLS) menggunakan <em>software SmartPLS</em> versi 4. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden gen Y di kota Medan. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Personalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalaman emosional (2) Personalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalaman kognitif (3) Motivasi hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalaman emosional (4) Motivasi hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalaman kognitif (5) Pengalaman emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas (6) Pengalaman kognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2548 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KERJASAMA TIM DAN PENGAWASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SATPOL PP KOTA MEDAN 2024-10-27T17:21:31+00:00 krisdayanti krisdayanto@gmail.com Gloria J M Sianipar sri.simanjuntak@uhn.ac.id Pantas H Silaban sri.simanjuntak@uhn.ac.id Sri Ida Royani Simanjuntak sri.simanjutak@uhn.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh gaya kepemimpinan, kerjasama tim, dan pengawasan kerja terhadap kinerja pegawai Satpol PP Kota Medan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik sampling sensus dengan sampel 47 responden, artinya semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Dat penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap pegawai Satpol PP Kota Medan. Teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat signifikansi (0,001 &lt; 0,05) dan nilai thitung &gt; ttabel (3,460 &gt; 1,679). Kerjasama tim berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat signifikansi (0,006 &lt; 0,05) dan nilai thitung &gt; ttabel (2,918 &gt; 1,679). Sedangkan pengawasan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat signifikansi (0,140 &gt; 0,05) dan nilai thitung &gt; ttabel (-1,505 &lt; 1,679). Hasil uji koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) bahwa variabel gaya kepemimpinan (X1), kerjasama tim (X2), dan pengawasan kerja (X3) dapat menjelaskan kinerja pegawai yaitu sebesar 69,5% sisanya 30,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2545 ANALISIS POTENSI PARIWISATA KABUPATEN TAPANULI TENGAH 2024-10-27T15:06:06+00:00 Toman Sony Tambunan toman.tbn@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai daya tarik wisata. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil data tersebut akan digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman objek wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa untuk pengembangan potensi pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah yaitu: <em>Pertama</em>, meningkatkan kualitas sarana, prasarana dan infrastruktur yang mendukung pariwisata. <em>Kedua</em>, meningkatkan kegiatan event pariwisata berskala nasional dan internasional. <em>Ketiga</em>, mempromosikan objek wisata secara berkelanjutan ke tingkat nasional dan internasional. <em>Keempat</em>, mengembangkan (membedakan) berbagai nilai produk objek wisata. <em>Kelima</em>, melibatkan peran serta masyarakat setempat dan seluruh pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan objek wisata yang bermutu. <em>Keenam</em>, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pelaku pariwisata. <em>Ketujuh</em>, mengembangkan sektor pariwisata berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai sosial. <em>Kedelapan</em>, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) untuk kemajuan industri pariwisata.</p> 2024-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2513 Pengaruh Kepemimpinan Dan Punishment Represif Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Di Sekretariat DPRD Kota Medan 2024-09-22T07:47:23+00:00 Vanessa Clara Sibarani orlando.sitanggang@uhn.ac.id Agus Nakkok Simanjuntak orlando.sitanggang@uhn.ac.id Jusmer Sihotang orlando.sitanggang@uhn.ac.id Orlando Sitanggang orlando.sitanggang@uhn.ac.id <p>Sekretariat DPRD Kota Medan dalam melaksanakan tugasnya secara teknis operasional bertanggung jawab kepada pimpinan DPRD dan memfasilitasi semua kebutuhan anggota DPRD, secara administratif bertanggung jawab kepada Wali Kota Medan. Oleh karena itu, Sekretariat DPRD Kota Medan harus mampu mencapai tujuannya secara maksimal. (1) Bagaimanakah pengaruh kepemimpinan terhadap efektivitas kerja pegawai?. (2) Bagaimanakah pengaruh <em>punishment represif </em>terhadap efektivitas kerja pegawai?. (3) Bagaimanakah pengaruh kepemimpinan dan <em>punishment represif </em>terhadap efektivitas kerja pegawai?.Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan <em>punishment represif </em>terhadap efektivitas kerja pegawai di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan. Metode Deskriptif dan Metode Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS Versi 26. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 pegawai ASN yang ada di Sekretariat DPRD Kota Medan. (1) kepemimpinan <em>represif </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai. (2) <em>punishment represif </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai. (3) kepemimpinan dan <em>punishment represif </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja</p> 2024-10-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2504 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan di Medan 2024-09-16T06:57:24+00:00 tarisya tarisyafitri533@gmail.com <p>Setiap organisasi harus mempunyai langkah yang tepat untuk mencapai suatu tujuan. Hal itu tidak terlepas dari peran sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Sumber daya manusia merupakan aset terpenting dalam suatu organisasi, karena tanpa adanya sumber daya manusia yang berkualitas, suatu organisasi tidak akan mampu berjalan dengan baik untuk mencapai kesuksesan tersebut. Oleh karena itu, setiap organisasi diharapkan mampu mengelola sumber daya manusia yang dimiliki dengan sebaik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, stres kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di beberapa perusahaan di Medan. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan software SmartPLS 4.0 dan dengan metode <em>Structural Equation Modeling</em> (SEM) dengan menentukan variabel yang signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) di perusahaan di Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) stres kerja memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, dan (4) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di perusahaan di Medan.</p> 2024-10-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2497 PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KANTORSEKRETARIAT DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA 2024-09-09T05:23:46+00:00 Amanda Simanjuntak amandapuspa2001@gmail.com Dani Iskandar amandapuspa2001@gmail.com <p><em>The purpose of this study was to determine and analyze the influence of Leadership and Work Environment on Employee Job Satisfaction at the DPRD Secretariat Office of North Sumatra Province. This study uses a quantitative approach with multiple linear analysis techniques. The results of the study show that leadership has an effect on job satisfaction, the work environment has an effect on job satisfaction. There is a significant influence between Leadership and Work Environment, on Job Satisfaction in Employees of the DPRD Secretariat Office of North Sumatra Province. So that if the Leadership and Work Environment are good, then Job Satisfaction can increase. Conversely, if leadership and work environment are low or decreased, job satisfaction will decrease. It is known that the R Square value is 0.549 or 54.9% indicating that around 54.9% the variable Job Satisfaction (Y) is influenced by Leadership (X1) and Work Environment (X2). The remaining 45.1% is influenced by variables not examined in this study.</em></p> 2024-10-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2436 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLIBATAN PELANGGAN DAN DAMPAK-NYA PADA NIAT MEMBELI KEMBALI DI E-COMMERCE SHOPEE (MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN) 2024-09-13T13:09:58+00:00 Jahhia Theresia krismanto_naibaho@uhn.ac.id Romindo M Pasaribu krismanto_naibaho@uhn.ac.id Tri Melda Mei Liana krismanto_naibaho@uhn.ac.id Krismanto Naibaho krismanto_naibaho@uhn.ac.id <p><em>Shopee </em>merupakan salah satu <em>platform </em>jual beli <em>online </em>di Indonesia yang mengusung model bisnis <em>marketplace</em>. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi prefensi konsumen dalam memilih <em>Shopee </em>sebagai <em>platform E-commerce </em>pilihan mereka. Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kepercayaan terhadap Keterlibatan Pelanggan<em>,</em> (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Daya Tanggap terhadap Keterlibatan Pelanggan<em>, </em>(3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Keandalan terhadap Keterlibatan Pelanggan<em>, </em>(4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompatibilitas terhadap Keterlibatan Pelanggan<em>, </em>(5) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Keterlibatan Pelanggan terhadap Niat Membeli Kembali. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.&nbsp; Alat analisis yang digunakan untuk mengkaji data yang dikumpulkan adalah menggunakan pemodelan persamaan struktur kuadrat terkecil parsial (<em>Partial Least Square- Structural Equation Modeling </em>(PLS-SEM)) pada perangkat lunak SmartPLS 4.0. Faktor kepercayaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keterlibatan pelanggan. Faktor daya tanggap berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keterlibatan pelanggan. Faktor keandalan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keterlibatan pelanggan.. Kompatibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan pelanggan. Keterlibatan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali.</p> 2024-10-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2512 PENGARUH BRAND IMAGE, CITA RASA, PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIXUE DI KOTA MEDAN 2024-09-22T07:45:09+00:00 Sofhia Rahayu Zahra zahra sitialhamrasal@staff.uma.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh <em>B</em><em>rand </em><em>I</em><em>mage</em>, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat medan yang sudah pernah membeli produk <em>mixue</em>. Sampel pada penelitian ini yaitu 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel dengan <em>convenience</em> sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang telah didapatkan melalui penyebaran kunsioner secara online. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian kualitas instrument meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. analisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji asumsi klasik, uji simultan (uji F) dan uji Parsial (uji T).</p> <p>Hasil Pengujian secara parsial menunjukan bahwa varibel <em>Brand Image</em> (X1) , berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y),variabel Cita Rasa (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y), variabel Persepsi Harga (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y), variabel Kualitas Pelayanan (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel yang digunakan dalam model penelitian ini yaitu Cita Rasa, Persepsi Harga, dan Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk <em>Mixue</em>.</p> 2024-10-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2500 PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, SELF EFFICACY, DAN SOZIALIZATION AGENTS TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA MAHASISWA DI KOTA MEDAN 2024-09-13T13:57:25+00:00 Carisa Yulia Sibagariang sri.simanjuntak@uhn.ac.id Raya Panjaitan sri.simanjuntak@uhn.ac.id martin Luter Purba sri.simanjuntak@uhn.ac.id Sri Ida Royani Simanjuntak sri.simanjuntak@uhn.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Financial Attitude, Self Efficacy, </em>dan <em>Socialization Agents </em>terhadap Perilaku Manajemen Keuangan mahasisa Universitas Negeri yang berlokasi di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 orang dan tehnik sampling yang digunakan yaitu <em>simple random sampling</em>, artinya pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuisioner terhadap mahasiswa Universitas Negeri yang berlokasi di Kota Medan. Teknik analisi data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>Financial Attitude </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan. <em>Financial Self Efficacy </em>berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan. <em>Financial Socialization Agents </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan.</p> 2024-10-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2442 The The Effect of Work Discipline and Teamwork on Employee Productivity at Pt Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero) 2024-09-22T09:20:58+00:00 Ima Rolastiur Teresia Sihombing ima.sihombing@student.uhn.ac.id <p>Dalam struktur operasional perusahaan, potensi sumber daya manusia pada dasarnya menjadi salah satu aset kunci yang memegang peranan penting dalam mencapai tujuan organisasi. Salah satu parameter yang dapat digunakan untuk menilai kualitas sumber daya manusia adalah produktivitas kerja. Apabila produktivitas kerja karyawan optimal maka semakin mudah mencapai tujuan organisasi atau institusi. (1) Bagaimana pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero)?, (2) Bagaimana pengaruh kerjasama tim terhadap produktivitas karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero)?, (3) Bagaimana pengaruh disiplin kerja dan kerjasama tim secara bersama-sama terhadap produktivitas karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero)?. (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero), (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kerjasama tim terhadap produktivitas karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero), (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja dan kerjasama tim secara bersama-sama terhadap produktivitas karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 responden karyawan PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero). (1) Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero). (2) Kerjasama Tim berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero). (3) Disiplin Kerja dan Kerjasama Tim berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan pada PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 (Persero). Diperoleh nilai <em>Adjusted R Square </em>(R<sup>2</sup>) sebesar 0,764. Hal ini berarti sebesar 76,4% variasi produktivitas karyawan dijelaskan oleh disiplin kerja dan kerjasama tim. Sementara sisanya 23,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Disiplin Kerja, Kerjasama Tim, Produktivitas Karyawan</p> 2024-10-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal Business and Management