Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management <p>Journal Business and Management (JBM) merupakan media informasi dan sarana untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen pada bidang Bisnis dan Manajemen di ruang lingkup ilmu bisnis dan Manajemen. Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah di publikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggung jawab penulis. Jurnal akan diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan April dan Oktober</p> en-US leonardo.sipayung@uhn.ac.id (Leonardo Davidsi Sipayung) sri.simanjuntak@uhn.ac.id (Sri Ida Royani Simanjuntak) Tue, 30 Apr 2024 12:03:24 +0000 OJS 3.2.0.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis SWOT Untuk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Dairi https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2277 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan pariwisata Kabupaten Dairi sebagai objek wisata. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil data akan digunakan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman objek wisata pariwisata Kabupaten Dairi.</p> <p>Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa untuk strategi pengembangan pariwisata Kabupaten Dairi, diantaranya adalah: Pertama, Meningkatkan kualitas sarana, prasarana, dan infrastruktur yang mendukung kepariwisataan. Kedua, Meningkatkan kegiatan kepariwisataan berskala nasional maupun internasional. Ketiga, Melakukan promosi objek wisata secara berkelanjutan ke tingkat nasional maupun internasional. Keempat, Mengembangkan berbagai nilai produk objek pariwisata. Kelima, Melibatkan partisipasi masyarakat dan semua pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan objek wisata. Keenam, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia para pelaku kepariwisataan. Ketujuh, Mengembangkan sektor pariwisata berbasis kearifan lokal.</p> Toman Sony Tambunan Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2277 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh hedonic Shopping value dan fitur spaylater terhadap impulsive buying pada pengguna Shopee https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2276 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana <em>hedonic shopping value </em>dan <em>fitur spaylater</em> berpengaruh terhadap <em>impulsive buying </em>pada pengguna <em>Shopee </em>di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Medan sebanyak 140 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling. </em>Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa variabel <em>hedonic shopping value </em>berpengaruh positif terhadap <em>impulsive buying</em> dengan memperoleh koefisien 0,125. Variabel <em>fitur spaylater</em> berpengaruh positif terhadap <em>impulsive buying</em> dengan koefisien regresi sebesar 0,169.</p> <p>Hasil perhitungan uji t (parsial) <em>hedonic shopping value</em> (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>impulsive buying</em>, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan dengan nilai t<sub>hitung </sub>=2,562 &gt;t<sub>tabel </sub>=1,655 dengan signifikan sebesar 0,011 &lt; 0,05. Variabel <em>fitur spaylater</em> (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>impulsive buying</em>, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai t<sub>hitung </sub>=1,920 &gt;t<sub>tabel </sub>=1,655 dengan signifikan sebesar 0,027&lt; 0,05. Dari hasil determinasi (R<sup>2</sup>) diperoleh nilai R<sup>2</sup> = 89% Variabel <em>impulsive buying</em> (Y) dipengaruhi oleh variable <em>hedonic shopping value </em>(X1) dan <em>fitur spaylater</em> (X2) sedangkan sisanya sebesar 11% dipengaruhi oleh variable bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.</p> <p><em>This study aims to analyze </em><em>how </em><em>hedonic shopping value </em><em>and spaylater features </em><em>affect </em><em>impulsive buying </em><em>in Shopee users in Medan City. The population in this study is the people of Medan city as many as 140 people. The sampling technique uses purposive sampling. The results of the multiple regression test showed that the hedonic shopping value variable had a positive effect </em><em>on </em><em>impulsive buying</em><em> by obtaining a coefficient of 0.125. The variable spaylater feature has a positive effect </em><em>on </em><em>impulsive buying</em><em> with a regression coefficient of 0.169.</em></p> <p><em>The calculation of the t (</em><em>partial</em><em>) hedonic shopping value </em><em>(X1) test has a positive and significant effect on </em><em>impulsive buying</em><em>, this is shown by the calculation results with a<sub>calculated </sub>t value = 2.562 &gt;t<sub>table </sub>=</em><em> 1.655 with a significant of 0.011 &lt; 0.05.</em> <em>The variable spaylater feature </em><em>(X2) has a positive and significant effect on </em><em>impulsive buying</em><em>, this is shown by the calculation results of the<sub>calculated </sub>t value = 1.920 &gt;t<sub>table </sub>= 1.655</em><em> with a significant of 0.027&lt; 0.05. Simultaneously, the hedonic shopping value variable (X1) and the</em> <em>spaylater feature </em><em>(X2)</em> <em>have a positive and </em><em>significant effect on impulsive buying. From the results of determination (R 2) obtained the value of R<sup>2</sup> = 89% The impulsive buying variable (Y) is influenced by the hedonic shopping value variable (X1) and the spaylater feature (X2) </em><em>while the remaining 11% is influenced by other independent variables that were not studied in this study. </em></p> Erika Tambunan, Gloria J. M. Sianipar, Agus Nakkok Simanjuntak Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2276 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh influencer credibility dan parasocial interaction terhadap minat berkunjung ke Danau Toba Samosir https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2278 <p>Peran <em>influencer credibility </em>dalam pemasaran pariwisata diselidiki dalam memengaruhi perilaku minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini mengkaji bagaimana <em>influencer credibility </em>dapat mempengaruhi minat berkunjung. Terdapat dua dimensi <em>influencer credibility </em>yaitu keahlian dan Objektivitas. Melalui kedua dimensi tersebut akan membentuk minat berkunjung wisatawan. Kemudian <em>parasocial interaction</em> menggambarkan hubungan sepihak yang dibentuk individu dengan karakter dari televisi atau media lainnya dan dapat memiliki hasil karakter positif dan negatif. Melalui <em>parasocial interaction</em> akan membentuk minat berkunjung wisatawan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Dilakukan pengujian menggunakan analisis <em>structural equation modeling </em>(SEM). Hasil menunjukkan bahwa <em>influencer credibility </em>tidak berpengaruh signifikan terhadap <em>Intention to Visit</em>. Sehingga, <em>influencer credibility </em>menjelaskan informasi tertentu bukan menjadi faktor yang dapat membentuk <em>intention to visit</em> wisatawan. Kemudian <em>parasocial interaction </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>intention to visit</em>. Ketika wisatawan sudah merasakan <em>parasocial interaction</em> akan membentuk <em>intention to visit</em>. Dengan demikian, Pemasaran ke Danau Toba Samosir dapat dikembangkan dengan media sosial salah satunya Instagram melalui <em>parasocial Interaction</em> yang akan meningkatkan minat berkunjung wisatawan.</p> Evie Dina Fiorentini Sianipar, Pantas H. Silaban, Gloria J. M. Sianipar Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2278 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh harga, kualitas produk, dan korean wave terhadap Keputusan pembelian thrifting di kota Medan https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2285 <p>Munculnya thrifting di yakini sebagai solusi untuk mengatasi limbah pakaian serta mempromosikan hidup minimalis , sehingga membawa dampak positif bagi lingkungan.Adanya thrifting dapat mengurangi limbah pakaian yang ada serta membantu perekonomian masyarakat.Sehingga masyarakat saat kini sangat banyak menggemari berbagai macam produk thrifting.Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah harga, flavor,dan hallyuwave berpengaruh positif secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Metode yang di pakai jenis kuantitatif dengan sampel yang berjumlah 100 orang,teknik pengambilan sampel yaitu dan Cluster sampling dan Snowball Sampling, menggunakan kuisioner atau penyebaran angket terhadap masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah Medan. Untuk mengurangi tingkat kekeliruan maka spss digunakan untuk analis korelasi dan regresi. Hasil penelitian penunjukkan bahwa harga produk dan kualitas produk memiliki dampak positif juga signifikan pada keputusan pembelian <em>thrifting</em>, sedangkan <em>korea wave </em>tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli <em>thrifting</em>. Secara simultan harga produk, kualitas produk, dan <em>korean wave </em>berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian <em>thrifting</em>.</p> Mely Purwia Ningsih Sukmalangut, Sri Novita Ayu Lubis, Bethesda Siahaan, Tiara Aprilia Manurung Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2285 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Analisis pengaruh harga, kualitas dan brand images terhadap keputusan pembelian barang-barang thrifting https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2286 <p><em>Thrifting </em>merupakan kegiatan membeli barang-barang bekas yang masih layak pakai. Pada saat ini <em>thrifting</em> banyak dilakukan oleh anak-anak muda khususnya anak-anak kuliahan yang ingin memakai pakaian yang <em>fashionable</em> namun memiliki harga yang murah juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas, dan <em>brand image </em>terhadap keputusan pembelian barang-barang <em>thrifting</em>. Metode dari penelitian ini ialah kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer, serta buku, artikel, dan jurnal lain sebagai data skunder. Teknik sampling yang digunakan untuk penelitian ini ialah <em>cluster sampling </em>dengan jumlah sample sebanyak 87 orang. Karakteristik dari sample ini ialah merupakan mahasiswa FEB Universitas Medan Area yang merupakan mahasiswa angkatan 2020, 2021, dan 2022, serta pernah membeli barang-barang thrifting. Penelitian ini membutuhkan waktu selama 4 bulan mulai April 2023- Juli 2023. Alat yang digunakan dalam penelitian ini ialah <em>software </em>IBM <em>Statistical Program for Social Science </em>(SPSS) versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya harga yang memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dan secara simultan harga, kualitas produk, dan <em>brand image</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap memperhatikan ketiga variabe agar keputusan pembelian khususnya keputusan pembelian barang-barang thrifting tetap terjaga</p> Siti Alhamra Salqaura, Sri Sarah Br G. Manik, Silvia Andika Febriani, Dony Hasiando Silalahi Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2286 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh harga, brand image, dan flavours terhadap keputusan pembelian es teh Indonesia https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2287 <p class="JEBM-Abstrakkeywords" style="margin-top: 0cm; text-indent: 1.0cm;"><span lang="IN">Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh harga, brand image, dan flavours terhadap keputusan pembelian Es Teh Indonesia di kota Medan. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel memakai teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang diaplikasikan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, heteroskedastisitas, analisis regresi liniear berganda, uji F dan koefisien determinasi (r2). Teknik pengolahan data memakai SPSS.20. Hasil penelitian secara parsial mendeskripsikan bahwa variabel harga (X1), brand image (X2), dan flavours (X3) memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada Esteh Indonesia di kota Medan.</span></p> Fadillah Ruri, Alzikri Alzikri, Makmur Manurung, Jimmy wahyu, Vika Rilianda Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2287 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Menentukan konfigurasi dari karakteristik streamers untuk memprediksi minat menonton di e-commerce live streaming https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2294 <p><em>Live streaming</em> adalah saluran baru dalam media digital di mana orang merekam dan menyiarkan secara <em>real-time</em>, memungkinkan penonton untuk merasakan kehadiran nyata. Penelitian ini berusaha mengkaji konfigurasi jalur <em>outcome </em>niat menonton tinggi dan niat menonton rendah di <em>live streaming. </em>Denggan memperhatikan lima dimensi; <em>humor, expertise, passion</em><em>, warmth </em>dan <em>beauty. </em>Analisis menggunakan <em>fuzzy set Qualitative Comparative Analysis</em> (fsQCA) dengan jumlah responden sebanyak 322. Berdasarkan hasil fsQCA terdapat dua konfigurasi yang menciptakan <em>watching intention </em>yang tinggi. Konfigurasi pertama yaitu ketika <em>passion, warmth </em>dan <em>beauty </em>dengan kondisi <em>presence</em> akan membentuk <em>watching </em><em>intention</em> tinggi. Kedua ketika <em>humor, expertise, passion</em> dan <em>warmth </em>dengan kondisi <em>presence</em> akan membentuk <em>watching </em><em>intention</em> tinggi. Kemudian berdasarkan hasil fsQCA juga terdapat dua konfigurasi yang menciptakan <em>watching intention </em>yang rendah. Konfigurasi pertama ketidakhadiran <em>warmth </em>dan <em>passion </em>akan menimbulkan niat menonton yang rendah. Selanjutnya kehadiran <em>beauty, warmth </em>dan<em> passion </em>tetapi <em>humor </em>dan <em>expertise </em>tidak hadir pada <em>live streaming</em> akan memberikan <em>watching </em><em>intention</em> yang rendah juga. Hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi peneliti maupun pemasar untuk memanfaatkan <em>live streaming </em>sebagai strategi pemasaran guna meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga mempengaruhi niat menonton konsumen.</p> Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2294 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha dan faktor eksternal terhadap keberhasilan usaha pada Z Suites hotel https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2295 <p>Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian Wirausaha dan Faktor Eksternal Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Z Suites Hotel. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif yaitu pendekatan dengan menggunakan dua atau lebih variabel guna mengetahui hubungan atau pengaruh yang satu dengan yang lain. Populasi Penelitian ini adalah Tamu Hotel Z Suite Medan Periode Januari 2022 sampai dengan Desember 2022 berjumlah 2360 orang. Sampel diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan teknik Simple Ran-dom Sampling sebesar 96 orang. Proses pengumpulan data diperoleh dengan melakukan wawancara (Observasi) dan Kuesioner. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, dan koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Statistik dan Uji Hipotesis. Berdasarkan dari uji penelitian yang dilakukan maka diperuleh hasil: (1) Pengetauan Kewirausahaan tidak berpengaruh positif dan signifikan ter-hadap Keberhasilan Usaha pada Z Suites Hotel Medan. (2) Kepribadian Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada Z Suites Hotel Medan. (3) Faktor Eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada Z Suites Hotel Medan. (4) Berdasarkan hasil, diperoleh Fhitung &gt; Ftabel (907,025 &gt; 2,701), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang merupakan hasil yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 &lt; 0,05). Secara simultan variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian Kewirausahaan dan Faktor Eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha.</p> adam fagas, Siti Alhamra Salqaura , H. Syahriandy Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2295 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh direct marketing, product quality dan customer satisfaction terhadap minat beli ulang pada live streaming marketing Tiktok https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2297 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalasis pengaruh Direct Marketing, Product Quality, dan Satisfaction Customer bersama-sama terhadap Minat Beli Ulang pada Live Streaming Marketing TikTok di Kota Berastagi.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat asosiatif, pengambilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling . populasi yang digunakan yaitu pengguna aplikasi TikTok dikota Berastagi. Responden yang digunakan adalah yang sudah berumur 17 tahun sampai 45 tahun yang pernah melakukan pembelian di live marketing aplikasi TikTok dan kuesioner disebarkan secara online kepada responden. Jumlah total kuesioner yang disebar dengan google form yaitu 100 kuesioner yang kemudian akan dilakukan pengujian menggunakan SPSS verssion 22 untuk mengetahui data yang telah terkumpul valid atau tidak valid. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dari penelitian dengan judul Pengaruh Direct Marketing, Product Quality, dan Customer Satisfaction Terhadap Minat Beli Ulang Pada Live Streaming Marketing TikTok (Studi Pada Pengguna Aplikasi TikTok Di Berastagi) diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Direct Marketing (X1) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y). Hal ini dibuktikan dengan t-tabel 0,990 t-tabel &lt; 1,984 dan signifikansinya 0,325 &gt; 0,05 menunjukkan bahwa Direct Marketing (X1) pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Berastagi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Product Quality (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Minat Beli Ulang (Y). Hal ini dibuktikan dengan t-tabel 5,208 &gt; t-tabel 1,984 dan signifikansinya 0,000 &lt; 0,05 Hal ini menunjukkan bahwa Product Quality (X2) pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Berastagi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Customer Satisfaction (X3) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Beli Ulang (Y). Hal ini dibuktikan dengan t-tabel 4,033 &gt; t-tabel 1,984 dan signifikansinya 0,000 &lt; 0,05 Hal ini menunjukkan bahwa Customer Satisfaction (X3) pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Berastagi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Direct Marketing (X1), Product Quality (X2), Customer Satisfaction (X3) bersama sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y). Hal ini dibuktikan dengan uji F-hitung 27,992 &gt; F-tabel 2,70 dan signifikansinya 0,000 &lt; 0,05 menunjukkan bahwa Direct Marketing (X1), Product Quality (X2), Customer Satisfaction (X3) bersama sama (simultan) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y) pada pengguna aplikasi TikTok di Berastagi.</em></p> Syafrida Hafni sahir, Nancy Feronika Manullang, Siti Alhamra Salqaura Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2297 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh kepuasaan konsumen dalam memediasi keputusan pembelian online (studi kasus mahasiswa HKBP Nommensen) https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2298 <p>Penelitian in bertujuan untuk menganalisa pengaruh promosi, digital marketing dan e-wom sebagai variabel independen terhadap keputusan pembelian online sebagai variabel dependen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Model analisis pengujian menggunakan outer model, inner model, direct effects, dan specific indirect effect dengan menggunakan aplikasi Smart PLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung promosi, e-wom, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online, sedangkan digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Digital marketing dan e-wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara tidak langsung digital marketing dan e-ewom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui kepuasan konsumen. Sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui kepuasan konsumen.</p> Leonardo Davidsi Sipayung Copyright (c) 2024 Journal Business and Management https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2298 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000