PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VII SMP SWASTA HKBP SIDORAME T.p. 2019/2020

Authors

  • Bung Heri Parhusip Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.51622/eksakta.v6i1.2807

Abstract

The population of this study were seventh grade students of SMP Swasta HKBP Sidorame 2019/2020 which consisted of 1 class. The sampling technique in this study was Saturated Sampling. This research includes quasi-experimental research. “The experimental research method can be interpreted as a research method used to seek the effect of certain treatments on others in controlled conditions” (Sugiono, 2008: 72). This study aims to see if there is an effect of realistic mathematics approach on problem solving ability and mathematical communication ability of students. The research design used is Posttest Group Design. The sample consists of one class, namely the experimental class. This study involves one class that is given treatment to find out the problem solving and communication skills of students which is done by giving a test to one class after being treated, it can be obtained that the effect of the realistic mathematics approach on the problem solving ability of students is 69.3%, and on the relationship between X and Y2 the coefficient of determination obtained from the calculation = 65.20%. The coefficient of determination r2 = 0.652. So, it can be obtained that the influence of the realistic mathematics approach on communication skills is 65.20%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Anisa, W. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol: 1 No: 1 2014. [Online]. http://jurnal.ut.edufileanisa.pdf.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asikin, M. 2001. Komunikasi Matematika dalam RME. Makalah Seminar. Disajikan dalam Seminar Nasional RME di Universitas Sanata Darma Yogyakarta. (Diakses 13 Januari 2019).

Asikin, M. 2002. Daspros Pembelajaran Matematika 1. Online. Tersedia:http://www.scribd. com/doc/13425097/Diktat-Kuliah-Daspros-Pemb-Mat1

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Diyah. 2007. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP. Skripsi S1 UNNES.

Ertikanto, C. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Media Akademi.

Eti, dkk. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VII SMP. Skripsi: Untan Pontianak.

Fatimah, E. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES (Journal of Mathematics Education and Science). Vol. 2, No. 1. ( Diakses 13 Januari 2019).

Fauzan, A. 2011. Modul 1 Evaluasi Pembelajaran Matematik Pemecahan Masalah Matematika. Evaluasi matematika.net: Universitas Negeri Padang.

Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip.

Hartono, Y. 2014. Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Holisin, L. 2007. Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 3, Hal 1 -68, Surabaya: FKIP UMSurabaya http://journal.lppmunindra.ac.id/ index.php/Formatif/article/download/166/159

Kemendikbud. 2013. Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leonard. 2015. Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Jurnal Formatif 5(3): 192-2.

Limardani, dkk. 2015. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Teori Pemahaman Skemp pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 4 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa (1):1-7.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. Auladuna, 2, 233.

Nofrianto, dkk. 2017. Komunikasi Matematika Siswa: Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Gantang Vol. II, No.2. Diakses 13 Januari 2019)

Octaaviano. 2013. Upaya Perbaikan Kesalahan Siswa Menyederhanakan Operasi Bentuk Aljabar dengan Pembelajaran Kontektual. Skripsi: Universitas Negeri Malang.

OECD. 2015. PISA Assesment Framework. Diakses November 2018 (http:// www.oecd.org/pisa/).

Pauweni. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Berdasarkan Masalah dan Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Tesis, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Gorontalo.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ramdani. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 13 No 1.

Ranti, G. 2015. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Strategi Writing To Learn Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1 No.2.

Rizqi, A. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 191-202. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/ 21457.

Situmorang, E. 2017. Pendekatan Matematika Realistik dibantu Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bilangan di kelas VII SMP Negeri 1 Muara Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: FKIP Matematika Universitas HKBP Nommensen Medan.

Shimada. 2006. The Open Ended Approach: a New Proposal for Teaching Mathematics. Journal of Mathematics. Vol 3. No 1

Sudjana. 2012. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiono. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhaedi, D. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Seminar Nasional, Yogyakarta.

Syaiful, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta

Ulvah, S. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan Vol. 2, No. 2

Wahyudi & Anugraheni. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matemtika. Salatiga: Satya Wacana University, Press 2017.

Wardhani, S. 2004. Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentuk Aljabar di SMP (Online),(http://p4tkmatematika.org/downloads/ppp/PPP04_aljabarSMP.pdf

Published

2025-01-25

How to Cite

Parhusip, B. H. (2025). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VII SMP SWASTA HKBP SIDORAME T.p. 2019/2020. Jurnal Visi Eksakta, 6(1), 49-77. https://doi.org/10.51622/eksakta.v6i1.2807