PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN PBI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2019/2020

Authors

  • Dina Kristina Enjelina Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.51622/eksakta.v6i2.2809

Abstract

This research is a quasi-experimental type of research. Population is the whole object in which there are subjects that can be used as a source of data that is expected to provide the data needed by researchers. The population in this study were X MIA class students at SMA Negeri 8 Medan. The technique that will be used in this sampling is using Purpossive sampling technique. The purpose of pseudo research is to obtain information that is an approximation for information that can be obtained with actual experiments in circumstances where it is impossible to control and manipulate all relevant variables. The results showed that the design of the learning model that had been designed was good to use. From the calculation obtained tcount = 1.71 and ttable = 1.670 It turns out that tcount = 1.71> ttable = 1.670 so that Ha is accepted or H0 is accepted, it can be concluded that the final ability of students taught using PBI learning model is better than students taught with PBL learning model on students' mathematical communication skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, E. A dan Alamiah, U. S. 2017. Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dan Open-Ended. Jurnal Mosharafa.Vol. 6 (2): hal 207-216.

Ahmad, M. D, dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1(1):hal 21-32.

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik edisi.

Boboy, Y.P. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Bangunan Kelas Xi Tgb Di Smk Negeri 1 Mojokerto. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. Vol. 2(2):hal 94 – 106.

Choridah, D. T. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. Vol. 2(2) :hal 194-202

Dewi, T. A. 2016. Penerapan Model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan.Issn. Vol.4(1):hal 35-4.

Dwijayanti dan Kurniasih, AW, A. 2014. Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anatara Model PBI dan Core Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education.. Vol.3(3): hal 190-195

Fakhriyah. 2014. Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol.3(1)hal:95-101

Fitria, dkk. 2013. Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Multi representasi Pada Usaha Dan Energi Di SMA. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan. Hal 1-10.

Fauziyah, N dan Suparji. 2014. Penggunaan Media Miniatur Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Gaya Dan Momen Di Kelas X Tgb 3 Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Prodi StudipendidikanTeknikBangunan.Hal:1-10.

Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistic In Psychology and Education. 3rd Ed. New York:McGraw-Hill Book Company, Inc.

Joko, Z dan Rachmawati. 2013.Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dan Gaya Belajar (Visual, Auditori Dan Kinestetik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Rangkaian Listrik Di Smkn 1 Cerme Gresik.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 2. Nomor 2:Hal 677–683.

Kadir, A. 2013.Konsep Pembelajaran Kontekstual.Dinamika Ilmu.Vol. 13(3): hal 17-38.

Khanafiyah, Dkk. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat- Alat Optik Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Hal 10-13.

Kesumawati, N, Dkk. 2013.Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Untuk Mengukur KemampuanKomunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.JurnalMahasiswa Pascsarjana Unsri.

Lekok, M. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Myer-Briggs TypeIndicator (Mbti). Skripsi. Hal 19-200.

Mulyanratna, M.Dkk. 2014. Penerapan Model Problem Based Instruction (Pbi)Pada Tema Pencemaran Air Untuk Melatih Keterampilan Penyelesaian Masalah. JurnalPendidikanSains E-Pensa. Vol. 2 No 1:Hal 1-7.

Murtiono, E. S.Dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Sebagai Upaya Pembentukan Kemandirian Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknik Pondasi.Jiptek. Vol. 6(1):hal 69-75.

Paloloang, M.F.B. 2014.Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarsiswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua LingkaranDi Kelas Viii Smp Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidian Matematika Tadulako. Vol.2 (1) :hal 68-77.

Rahadi, M dan Sari.2014. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SekolahPertama. Jurnal Mosharafa Pendidikan Matematika.Vol.3(3):hal143-150.

Rahmawati, F. 2013. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik MatematikadalamMeningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Kumpulan Makalah Seminar Semirata.hal225-238.

Rasyid, Y.Dkk. 2017.Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Dua Koto Pasaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Vol. 6 No. 2:hal 110-117.

Riastina, Pt. N, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah.

Siagian, R.E.F. 2015.Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 2(2):hal 122-131.

Simbolon, H. 2009. Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sinaga, B, Dkk. 2017. Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar Pgsd Vol.2:1.

Slameto, S.A dan Perdana. 2016. Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4 Nomor 2:hal73–78.

Sugiyono. 2015. Stasistika Bab III Uji U. Metode Penelitian Proposal. Hal 1-47.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara Jakarta. Hal 1-40.

Wulandari, B. 2013.Pengaruh Problem-Based LearningTerhadap Hasil BelajarDitinjau Dari Motivasi Belajar Plc Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi.Vol. 3, Nomor 2:hal178-191.

Yulianti, D dan Dwijananti, A. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Hal 108-114.

Yushardi, Dkk. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction DisertaiMetode DemonstrasiTerhadap Hasil Belajar Dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Sma (Studi Pada Kelas X Mia Sman Arjasa Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika.Vol.4(3):hal 255-260.

Published

2025-06-17

How to Cite

Enjelina, D. K. (2025). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN PBI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2019/2020. Jurnal Visi Eksakta, 6(2), 1-25. https://doi.org/10.51622/eksakta.v6i2.2809