EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GEOMETRI DERAJAT DAN RADIAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 DOLOK SANGGUL TP. 2019/2020

Authors

  • Enita Octalia Siregar Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.51622/eksakta.v6i2.2811

Abstract

This research is a quasi experimental research. This study aims to see if there is an effect of Think Pair Share Learning Model on concept understanding and problem solving skills. The population in this study were all X grade students of SMA Negeri 2 Doloksanggul, which amounted to 6 classes in the 2019/2020 school year. In this study, the independent variable ( ) is the TPS learning model on degree and radian material. the coefficient of determination from the calculation results = 61.2%. Based on the results of the calculation of the correlation coefficient significance test, it is obtained thitung > ttabel or 0.779> 0.349 which means that there is a strong relationship between the Think Pair Share learning model on the ability to understand concepts and problem solving obtained thitung > ttabel or 0.782> 0.349 which means that there is a strong relationship between the Think Pair Share learning model on problem solving. From the results of this discussion, the hypothesis in this study is accepted, namely “There is an Effect of the Think Pair Share Learning Model on the Ability of Concept Understanding and Problem Solving on Geometry Material Degrees and Radians in Class X SMA Negeri 2 Doloksanggul T.P. 2019/2020”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas Nurhayati. 2015. Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Airlangga

Abdurrahman. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dafril, A. 2015. Pengaruh Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa. Palembang: Prosiding PGRI

Depdiknas. 2016. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Eggen Dan Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks

Fadjar Shadiq. 2015. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Hudoyo, 2015. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: P2LPTK.

J, Kilpatrick, & B, Findell. 2015. Adding It Up : Helping Children Learn Matematics. Diambil kembali dari http://www.nap.edu/catalog/9822.html

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Miarso. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nurhadi,dkk. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia

Nurkancana. 2017. Evaluasi Hasil Belajar .Surabaya: Usaha Nasional.

Panjaitan, S. 2015. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Visual Basic , Medan. Volume:2, Edisi 2, hal:77-89.

Pardosi. 2010. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud

Rohana. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang : Prosiding PGRI

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Group

Sasmita. 2016. Efetivitas Model Pembelajaran (TSTS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Skripsi Bandar Lampung: Universitas Lampung

Shoimin, A. 2016. Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media

Siahaan Friska B 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quis Team Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Volume:1, Edisi 1, hal:37-47.

Situmorang A. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Kreativitas Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pencapaian Konsep, Jurnala Penelitian Bidang Pendidikan Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan, Medan. Volume:1, Edisi 1, hal:52-59.

Situmorang A. 2014. Desain model Pembelajaran Based Learning dalam peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Semester 3 FKIP-UHN Medan.Volume:1, Edisi 1, hal:1-9.

Situmorang A. 2015. Desain model Pembelajaran Based Learning dalam peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Semester 3 FKIP-UHN Medan.Volume:1, Edisi 1, hal:1-10.

Siagian Sondang. 2015. Kerangka Dasar Imu Administrasi.Jakarta :Rineka Cipta

Soedjadi. 2015. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Turmudi. (2016). Taktik dan Strategi pembelajaran matematika (berparadigma Eksploratif dan investigatif). Jakarta : Leuser cipta pustaka.

Wahyudin,S,dkk. 2015. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. PPPPTK Matematika, Yogyakarta.

Published

2025-06-18

How to Cite

Siregar, E. O. (2025). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GEOMETRI DERAJAT DAN RADIAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 DOLOK SANGGUL TP. 2019/2020. Jurnal Visi Eksakta, 6(2), 39-69. https://doi.org/10.51622/eksakta.v6i2.2811