EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP SWASTA FREE METHODIST 2 MEDAN T.P 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.51622/eksakta.v6i2.2812Abstract
This research includes quasi-experimental research. The experimental research method can be interpreted as a research method used to find the effect of certain treatments on others under controlled conditions (Sugiyono, 2016: 72). This study aims to see whether the Genius Learning model is effective with the help of Power Point media on concept understanding and problem solving skills. The research design uses the one-shot case study. This study involved one experimental class that was given one-time treatment with the Genius Learning model. The population of this study were all VII grade students of SMP Swasta Free Methodist 2 Medan T.P 2019/2020 consisting of 3 classes. The variables in this study consisted of two types, namely independent (independent variable (X)) and dependent (dependent variable (Y)) variables. From the observation data above, the average score of the teacher's ability to teach is 4.167, so by comparing with the average score of the teacher's ability to teach above, it can be concluded that the teacher's ability to teach in this study is in the good category.
Downloads
References
Alfian. 2010. Membuat Presentasi Menakjubkan dengan Microsoft Power Point 2007. Mediakita.
Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Aisyah, S. dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep dasar Perkembangan Anak
Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dewanti, R. 2017. Jurnal MATHEdunesa, 3(3). (online)
Dyasih. 2015. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. (online)
Gultom, S.P. 2019. “Inovasi Model Pembelajaran Based Learning Berbasis Komputer Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Kalkulus”. Jurnal Stindo Profesional. Vol.V: hal 43.
Gumawang, A. 2007. Belajar Otodidak Word, Excel, Power Point XP (Cetakan ke-20). Bandung: Informatika.
Gunawan, A. 2010. Genius Learning Strategy. Jakarta: Rineka Cipta.
Hariyani, M. 2010. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar. Tesis Tidak dipublikasikan. UPI Bandung.
Hasan, I. 2013. Analisis Data Dengan Penelitian Statistik Edisi ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.
Malang: Universitas Negeri Malang.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Jbeili, I. 2012. “The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency”.International Journal for Research in Education (IJRE) : No.32.
Kemendikbud. 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online). (https://puspendik.kemendikbud.go.id/hasil-un/, diunduh Juni 2018)
Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Vol.37: hal 28
Prastiwi, M. D. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas VII SMP. e- journal pensa, 98-103.
Purwanto. 2007. Prinsip - Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan.
Bandung: Rosda Karya.
Santoso M. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. (online)
Sastrawan, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Genius Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol2No.1,111(Online)
Shadiq, F. 2014. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Sinambela . 2006 . Konsep dan Makna pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Situmorang. A.S. 2016. “Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Pemahaman
Konsep Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas
HKBP Nommensen” . Jurnal Suluh Pendidikan. Vol. 3 (2): hal 113.
Slavin, E. R. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
. 2012. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsono, N. 1991. Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. (online)
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Triastuti, A. 2010. Efektivitas strategi Genius Learning dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa. Surakarta:UMS (tidak dipublikasikan)
Wahyudi, B. 2017. Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.
Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Zakaria, E. 2007. Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematika. Kuala Lumpur: Lohprint SDN.BH