Peranan Media Sosial dalam Kemenangan Pasangan Prabowo-Gibran di Kalangan Generasi Muda pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024
Keywords:
Media Sosial, Generasi Muda, Opini Publik, Perilaku Memilih.Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana peranan media sosial dalam kemenangan Prabowo-Gibran di kalangan generasi muda pada Pilpres 2024. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur atau tinjauan pustaka. Metode dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, analisis data dan interpretasi data dari bahan bacaan relevan yang bersumber dari berbagai jurnal, artikel berita, dan internet. Hasil penelitian menunjukkan peranan media sosial dalam politik elektoral menempati peranan penting dalam mendulang suara dari kalangan anak muda. Media sosial yang tidak lepas dari kehidupan generasi muda telah menjadikannya sebagai salah satu sumber utama dalam mendapatkan informasi politik. Dengan kesadaran terhadap potensi ini, Prabowo-Gibran secara maksimal menguasai media sosial guna mempengaruhi opini atau persepsi publik yang positif dengan cara membanjiri media sosial dengan konten-konten penuh pencitraan dari Prabowo-Gibran. Persepsi yang terbentuk pada akhirnya membentuk perilaku pemilih dengan kecenderungan memutuskan pilihan dukungan politiknya kepada pasangan Prabowo-Gibran.