Jurnal KAFEBIS https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis <p><em>Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi dan Bisnis</em> (KAFEBIS) merupakan media informasi dan sarana untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen pada bidang ekonomi dan bisnis di ruang lingkup Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Perpajakan. Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah di publikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggung jawab penulis. Jurnal akan diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu</p> en-US martin.purba@uhn.ac.id (Martin Luter Purba, SE, M.Si) clara.ginting@uhn.ac.id (Clara Octasia Ginting, SE, M.Si) Wed, 01 Jan 2025 17:00:51 +0000 OJS 3.2.0.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH KONFLIK PERAN GANDA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT WANITA DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI RSUD ROKAN HULU https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2367 <p><em>This study aims to analyze (1) the effect of multiple role conflicts on the performance of married female nurses; (2) the effect of work stress on the performance of married female nurses; (3) the effect of social support in moderating dual-role conflicts on the performance of married female nurses; (4) the effect of social support in moderating work stress on the performance of married female nurses. The data collection method used in this study used questionnaires. The population in this study was 98 female nurses at the Rokan Hulu Regional General Hospital. This research is a quantitative research using purposive sampling techniques. Data were analyzed using descriptive statistics, prerequisite tests, moderated regression analysis.The results of this study show that (1) Multiple role conflict shows a negative and significant influence on the performance of female nurses. (2) Work stress has a significant effect on the performance of female nurses. (3) Social support is unable to moderate the influence of multiple role conflict on the performance of female nurses. (4) Social support is unable to moderate the influence of work stress on the performance of female nurses.</em></p> Samuel Bernaldo Clinton Lumbantoruan Lumbantoruan Copyright (c) 2024 Samuel Bernaldo Clinton Lumbantoruan Lumbantoruan https://creativecommons.org/licenses/by-nd/4.0 https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2367 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KENYAMANAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS MAHASISWA POLITEKNIK CENDANA ANGKATAN 2020) https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2311 <p><span style="text-decoration: underline;">In this research, the author wants to identify the problem of “Is there an influence of service quality and consumer comfort on consumer satisfaction (Case Study of Cendana Polytechnic Students Class of 2020)?”. The aim is to determine the influence of service quality and consumer comfort on consumer satisfaction (Case Study of Cendana Polytechnic Students Class of 2020), Medan. The author uses associative quantitative research methods. Consumer conveinience is a comprehensive assessment of the feelings of safety and comfort felt by people who use products or services provided by the company. Consumer satisfaction is a comprehensive assessment given by consumers regarding the level of satisfaction they feel after using the products or services provided by the company.From the research results it can be concluded that service quality and consumer conveinience influence consumer satisfaction.</span></p> Charyns Locarso, Yuliana Yuliana, Sutarno Sutarno Copyright (c) 2024 Charyns Locarso, Yuliana Yuliana, Sutarno Sutarno https://creativecommons.org/licenses/by-nd/4.0 https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2311 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP COSTUMER RETENTION DALAM MEMBANGUN COSTUMER TRUST DI YAYASAN PERGURUAN NASIONAL LUBUK PAKAM https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2296 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap customer retention dalam membangun customer trust di yayasan perguruan nasional lubuk pakam. Penulis menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner melalui google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan simple random sampling. Populasi pada penelitian ini diketahui jumlahnya sehingga penulis menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh penulis dengan program aplikasi SPSS versi 25.00, diperoleh hasil gabungan dari variabel kualitas layanan dan customer retention secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust menghasilkan nilai signifikan yang lebih kecil 0,05 atau 0,000 atau &lt; 0,05 sedangkan nilai F yang didapatkan sebesar 15,012 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,27 atau 15,012&gt;3,27. Hal ini berarti Fhitung &gt; Ftabel dan sig &lt; 0,05 maka (15,012&gt;3,27) dan sig (0,000&lt;0,05), berarti terdapat pengaruh yang nyata dan signifikan antara kualitas layanan dan customer retention secara bersama-sama terhadap customer trust pada Yayasan Nasional Lubuk Pakam. Nilai angka adjusted R Square sebesar 0,326 yang berarti 32,6% customer trust dipengaruhi oleh kualitas layanan dan customer retention. Sedangkan sisanya 67,4% customer trust dijelaskan oleh variabel diluar model.</p> <p>&nbsp;</p> <p>ABSTRACT <br>This research aims to determine and analyze the influence of service quality on customer retention in building customer trust at the Lubuk Pakam National College Foundation. The author uses quantitative methods with associative research. Data collection was carried out by distributing questionnaires via Google Form. The sampling technique uses probability sampling with simple random sampling. The population in this study is known, so the author uses the Slovin formula. Based on calculations carried out by the author with the SPSS application program version 25.00, the combined results obtained from the variables of service quality and customer retention simultaneously have a positive and significant effect on customer trust, producing a smaller significant value of 0.05 or 0.000 or &lt;0.05 while the value The F obtained is 15.012 which is greater than the Ftable value of 3.27 or 15.012&gt;3.27. This means Fcount&gt;Ftable and sig &lt;0.05, so (15.012&gt;3.27) and sig (0.000&lt;0.05), meaning there is a real and significant influence between service quality and customer retention together on customer trust. at the Lubuk Pakam National Foundation. The adjusted R Square value is 0.326, which means that 32.6% of customer trust is influenced by service quality and customer retention. Meanwhile, the remaining 67.4% of customer trust is explained by variables outside the model.</p> Gilbert Wijaya, Anggia Anggia, Sutarno Sutarno Copyright (c) 2024 Gilbert Wijaya, Anggia Anggia, Sutarno Sutarno https://creativecommons.org/licenses/by-nd/4.0 https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2296 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. ANUGERAH AMAL CITRABOGATAMA (A.A Catering Pekanbaru) https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2356 <p><em>This research aims to determine the effect of product quality and service quality on customer satisfaction of PT Anugerah Amal Citrabogatama (AA Catering Pekanbaru). The population in this research is customers from AA Catering in 1 year, namely in 2023, totaling 313 people. The sample used in this research was 76 people using the Slovin formula. This research uses a quantitative descriptive method with linear regression analysis tools. The results of this research show that: 1) Product quality has a positive and significant effect on AA Catering Pekanbaru customer satisfaction, 2) Service quality has a positive and significant effect on satisfaction. AA Catering Pekanbaru customers, 3) Product quality and service quality simultaneously have a positive and significant effect on AA Catering Pekanbaru customer satisfaction.</em></p> Aden Zidane Pangayung, Lailan Tawila Berampu, Iwan Naulai Daulay Copyright (c) 2024 Aden Zidane Pangayung, Lailan Tawila Berampu, Iwan Naulai Daulay https://creativecommons.org/licenses/by-nd/4.0 https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2356 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN DI RESTORAN MIE AYAM JAMUR HAJI MAHMUD MEDAN https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2309 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pembelian di Restoran Mie Ayam Mushroom Haji Mahmud. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif, penelitian asosiasif adalah metode penelitian yang bersifat menanyakan antara 2 variabel atau lebih. brand image adalah sekumpulan identitas produk dari suatu perusahaan yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen yang mengacu pada sikap dan keyakinan terhadap sebuah merek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil analisis penelitian dilakukan dengan alpha sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,116 &gt; 1,98472 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 &gt; 0,05. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian dengan nilai tcount sebesar 4,479 &gt; 1,98472 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 &gt; 0,05. Secara simultan atau bersama-sama antara kualitas produk dan variabel citra merek mempengaruhi kepuasan pembelian dengan memperoleh nilai fcount sebesar 24.916 &gt; 3,09 dengan nilai signifikansi 0,000 &lt;0,05. Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pembelian dapat dilihat pada hasil uji determinasi (R2) sebagai persentase sebesar 33,9%. Dengan hasil koefisien determinasi ini, dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan di Restoran Mie Jamur Haji Mahmud Medan sebesar 33,9% dipengaruhi oleh kualitas produk citra merek sedangkan sisanya 66,1% disumbang oleh faktor-faktor lain yang dapat dijelaskan oleh faktor lain variabel di luar model.</p> <p>&nbsp;</p> <p>ABSTRACT <br>This research aims to determine the influence of product quality and brand image on purchase satisfaction at the Mie Ayam Mushroom Haji Mahmud Restaurant. This type of research is quantitative. The number of samples in this research was 100 respondents. The author uses an associative quantitative research method, associative research is a research method that asks questions between 2 or more variables. Brand image is a set of product identities from a company that can influence consumer behavior which refers to attitudes and beliefs towards a brand. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression data analysis technique. The results of the research analysis were carried out with an alpha of 5%. The research results show that product quality has a positive and significant effect on purchase satisfaction with a t value of 3.116 &gt; 1.98472 and a significance value of 0.002 &gt; 0.05. Brand image has a positive and significant effect on purchase satisfaction with a tcount value of 4.479 &gt; 1.98472 and a significance value of 0.000 &gt; 0.05. Simultaneously or together, product quality and brand image variables influence purchase satisfaction by obtaining a fcount value of 24,916 &gt; 3.09 with a significance value of 0.000 &lt;0.05. The influence of product quality and brand image on purchase satisfaction can be seen in the results of the determination test (R2) as a percentage of 33.9%. With the results of this coefficient of determination, it can be concluded that customer satisfaction at Mie Jamur Haji Mahmud Medan Restaurant is 33.9% influenced by product quality, brand image, while the remaining 66.1% is contributed by other factors which can be explained by other external variables. model..</p> Evi Febriana, Weny Weny, Ngajudin Nugroho Copyright (c) 2024 Evi Febriana, Weny Weny, Ngajudin Nugroho https://creativecommons.org/licenses/by-nd/4.0 https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2309 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SMA MENTARI BANGSA https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2293 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen SMA Mentari Bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, jenis penelitian ini adalah data kuantitatif, data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Mentari Bangsa yang berjumlah sebanyak 247 siswa. Dikarenakan seluruh jumlah populasi yang hanya berjumlah 247 siswa akan digunakan sebagai sampel, maka teknik pengambilan sampel yang akan digunakan adalah teknik Slovin dengan tingkat kepercayaan 90% dan tingkat error 10% dimana didapatkan sebanyak 71 sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier sederhana dan uji statistik yaitu uji-t (parsial) dengan menggunakan software SPSS (statistical package for the social sciences). Hasil pengujian yang menunjukkan bahwa Kualitas Layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen SMA Mentari Bangsa. Kepuasan Konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen SMA Mentari Bangsa. Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen SMA Mentari Bangsa.</p> Nicholas Sergio, Sutarno Sutarno, Dewi Anggraini Copyright (c) 2024 Nicholas Sergio, Sutarno Sutarno, Dewi Anggraini https://creativecommons.org/licenses/by-nd/4.0 https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/kafebis/article/view/2293 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000