https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/omicron/issue/feed Jurnal Omicron: Jurnal Pendidikan Fisika 2022-03-22T00:00:00+00:00 Juliaster Marbun,S.Pd.,M.Si juliaster.marbun@uhn.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Omicron : Jurnal Pendidikan Fisika dipublikasikan sejak 2022 oleh Program Studi Pendidikan Fisika Universitas HKBP Nommensen Medan. Terbit dua kali setahun pada Maret dan September. Tulisan ini mempublikasikan karya para mahasiswa dan dosen serta pemerhati pada bidang pendidikan Fisika <span class="Y2IQFc" lang="id">memuat artikel berupa review, hasil penelitian lengkap atau kajian analisis kritis. Penulis harus menyerahkan hanya makalah yang telah dikoreksi dan dipoles dengan hati-hati. Naskah diterima dengan pengertian bahwa itu adalah versi asli atau diperpanjang dari makalah yang diterbitkan sebelumnya di konferensi dan / atau jurnal dan bahwa, jika karya tersebut menerima sponsor resmi, itu telah dirilis sebagaimana mestinya untuk publikasi terbuka. Sebelum dikirim, pastikan makalah Anda disiapkan menggunakan template makalah jurnal. Penulis harus merujuk ke Jurnal Omicron untuk format dan gaya penulisan (Silakan unduh dan gunakan sebagai template terbaru untuk penyerahan naskah awal). Ini akan Memastikan pemrosesan dan publikasi yang cepat. Makalah yang tidak memenuhi persyaratan berdasarkan pedoman untuk penulis <strong>tidak akan diproses.</strong><br /></span></p> https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/omicron/article/view/505 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang 2022-03-05T08:08:20+00:00 Hebron Pardede hebron_73@yahoo.co.id Mula Sigiro mula.sigiro@uhn.ac.i Marcelina Katarina Sijabat marcelina.sijabat@gmail.com Christian Manalu christian.manalu@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>discovery learning</em> terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Parmonangan TA 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah <em>true experimental design</em> dengan pengambilan sampel menggunakan teknik <em>simple random sampling</em> dengan rumus slovin dan jumlah sampel 66 peserta didik yang terdiri dari 33 peserta didik kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata <em>pre-test</em> kelas eksperimen 41,06 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,94. Sebelum diuji dengan uji t, diperoleh t<sub>hitung</sub> = 0,81 &lt; t<sub>tabel</sub> = 2,0012 pada taraf signifikan α = 0,05, ini berarti tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan awal peserta didik. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata <em>post-test</em> kelas eksperimen 75,30, kelas kontrol 67,58. t<sub>hitung</sub> = 2,95 &gt; t<sub>tabel</sub> = 1,67 pada taraf signifikan α = 0,05. Hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y = 6,23+ 0,95X. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa, model pembelajaran <em>discovery learning</em> dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Parmonangan TA 2021/2022 dengan besar peningkatan hasil belajarnya sebesar 19,55%.</p> 2022-03-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal OMICRON https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/omicron/article/view/504 Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Momentum Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek 2022-03-05T05:01:39+00:00 siska Nainggolan siskainrianinainggolan@gmail.com Leni Marlina Lase leni.lase@gmail.com Parlindungan Sitorus parlindungan.sitorus@gmail.com Januaris Pane januaris.pane@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Momentum Kelas X SMA Negeri 1 Palipi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian <em>quasi experiment</em> dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Palipi. Sampel diambil secara <em>non random</em> yaitu sebanyak dua kelas. Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan&nbsp; adalah lembar aktivitas peserta didik dan soal dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pengamatan aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik tergolong baik. Dapat dilihat dari nilai rata-rata <em>posttest&nbsp; </em>kelas eksperimen sebesar 85,71 dengan varians sebesar 8,50 dan rata–rata posttest kelas kontrol sebesar 74,14 dengan standar deviasi 11,72 setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar, hal itu dapat dilihat pada hasil belajar pretest dan posttest peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Momentum Kelas X SMA Negeri 1 Palipi</p> 2022-03-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal OMICRON https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/omicron/article/view/503 Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika SMP 2022-03-05T04:58:49+00:00 Juliper Nainggolan juliper_n@yahoo.com Bajongga Silaban bajongga.silaban@uhn.ac.id Arga Fitriyani Sitorus arga.sitorus@gmail.com Eka Notasya Simanullang eka.simanullang@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Fisika antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi getaran dan gelombang menggunakan peta konsep pada kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan,. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan,. yang berjumlah 25 orang. Peneliti membagi menjadi dua kelas yaitu VIII pertama sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 11 orang&nbsp; dan VIII kedua sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 14 orang. Penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretes-Postes Design. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Berdasarkan analisis thitung= 2,928 &gt; ttabel= 2,069 dan Y = 49,64 + 0,412X&nbsp; Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linear (b) = 0,412 bertanda positif artinya hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada materi Getaran dan Gelombang. dapat meningkatkan dengan menggunakan model&nbsp; Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT).</p> 2022-03-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal OMICRON https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/omicron/article/view/490 Dampak Penerapan Pembelajaran Berbasis Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar Fisika 2022-03-02T06:49:31+00:00 Parlindungan Sitorus parlindungan.sitorus@uhn.ac.id Irawati Kristin M. Nainggolan irawati.ngl@gmail.com Herman Aruan herman.aruan@gmail.com <p>Fisika pada materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian <em>true </em>eksperimental dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII VIII SMP Negeri 1 Tanah jawa. Dengan teknik <em>Cluster Random Sampling</em>, dianggap sampel penelitian kelas eksperimen (13 siswa) dan kelas kontrol (12 siswa). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa. Hasil analisis data merupakan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 61,92 dengan standar deviasi 10,11 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 41,66 dengan standar deviasi 12,49. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=23 diperoleh t<sub>hitung</sub>=4,48 dan t<sub>tabel</sub>=1,71, dengan t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel </sub>maka Ha diterima dan H<sub>0</sub> ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan diatas bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Berpikir Induktif dalam pembelajaran Fisika pada materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanah jawa..</p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> 2022-03-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal OMICRON https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/omicron/article/view/481 Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika 2022-02-21T04:55:11+00:00 Andriono Manalu andrionomanalu@uhn.ac.id Mentari Sidabutar mentari.sidabutar@gmail.com Juwita R.S. Sitorus juwita.sitorus@gmail.com Dewi Sinaga dewi.sinaga@gmail.com Mina Silaban mina.silaban@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Hubungan Perhatian orang tua dengan hasil belajar fisika, Hubungan disiplin belajar siswa dengan hasil belajar fisika siswa, Hubungan Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika. Yang menjadi&nbsp; Lokasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jenis penelitiannya adalah korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan kuesioner dan tes soal yang melibatkan sampel dengan jumlah sampel 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi <em>product moment</em> dan korelasi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikanperhatian orang tua dengan hasil belajar fisika siswa Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilairhitung lebih besar dari r tabel (0,918&gt; 0,374) dan nilai signifikansi sebesar 0,00(sig &lt; 0,05), (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar fisika..Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai rhitung lebih besar dari r tabel 0,910&gt; 0,374 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 (sig &lt; 0,05) dan (3) Terdapat hubungan positif dansignifikan perhatian orang tua dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dari signifikan 0,000 (sig &lt; 0,05) dengan nilai R sebesar 0,796</p> 2022-03-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal OMICRON https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/omicron/article/view/480 Penggunaan Model Pembelajaran Pbl Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Fisika Berbasis Hots 2022-02-21T04:49:15+00:00 Juliaster Marbun Marbun juliaster.marbun@uhn.ac.id Desi Sinaga desi.sinaga@gmail.com Eka D. Lumban Batu eka.lbnbatu@gmail.com Lamtiur Simbolon lamtiur.simbolon@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan jenis penelitian eksperimen kuasi<em>.</em> Penelitian di SMP Swasta Masehi Berastagi menggunakan teknik pengambilan sampel acak yaitu kelas VIII<sub>5 </sub>sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII<sub>4 </sub>sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian aktivitas belajar siswa dalam bentuk esai untuk mengetahui hasil belajar siswa. Skor rata-rata pascaujian kelas kontrol 66,9 dengan standar deviasi 8,20 setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh skor rata-rata pascaujian kelas eksperimen 78,1 dengan standar deviasi 6,85 dan Melalui uji t satu pihak untuk data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=58 diperoleh t<sub>hitung </sub>=6,187 dan t<sub>tabel</sub>=1,671, dengan t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel</sub> maka H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>0</sub> ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Signifikan Model Pembelajaran PBL terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal (HOTS). Sedangkan hubungan variabel berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan hasil</p> 2022-03-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal OMICRON