Suatu Kajian Tentang Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan UU No. 25 Tahun 2009

Authors

  • Primawati Degodona Universitas HKBP Nommensen
  • Briska Julianti Gulo Mahasiswa Prodi Administrasi Publik UHN
  • Lasmina Kajol Simanjorang Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis UHN

DOI:

https://doi.org/10.51622/jispol.v3i1.1341

Keywords:

Pelayanan Publik dan Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk mengukur signifikan pengaruh pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan analisa regresi linear berganda dengan masalah yang dirumuskan adalah hipotesa.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel prosedur pelayanan, persyaratan, kejelasan petugas, kedisplinan, kemampuan petugas, kecepatan pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, dan kenyamanan pelayanan secara bersama-sama mempunyai hubungan yang kuat terhadap pelayanan publik. Hasil uji hipotesa menunjukkan bahwa H1 diterima artinya adanya pengaruh secara parsial dari variabel kepuasan masyarakat yaitu prosedur pelayanan, persyaratan, kejelasan petugas, kedisplinan, kemampuan petugas, kecepatan pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, dan kenyamanan pelayanan terhadap pelayanan publik. Hasil uji F menunjukkan bahwa H1 diterima artinya bahwa variabel kepuasan masyarakat dipengaruhi dan signifikan terhadap pelayanan publik dan variabel prosedur pelayanan, persyaratan, kejelasan petugas, kedisplinan, kemampuan petugas, kecepatan pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, dan kenyamanan pelayanan berpengaruh secara serentak terhadap pelayanan publik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-30