Pengaruh Pemberdayaan Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik, Studi Kasus Kantor Kecamatan Medan Tuntungan

Authors

  • Vera A. Pasaribu Dosen Prodi Adm. Publik Fisipol UHN
  • Sadrakh Valencius Sinaga Mahasiswa Prodi Adm. Publik UHN

DOI:

https://doi.org/10.51622/jispol.v3i1.1343

Keywords:

pemberdayaan profesionalisme pegawai, kualitas pelayanan publik

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu produk aparatur pemerintah yang diberikan kepada masyarakat luas. Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan salah satu fungsi utama dalam penyelenggaraan pemerintah yang menjadi kewajiban aparatur pemerintah. Profesionalisme merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik sehingga  pegawai sebagai aparatur pemerintah harus bekerja secara profesional untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas

            Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan explanatory survey  atau descriptive survey.  yang bertujuan untuk menganalisi pengaruh profesionalisme terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Medan Tuntungan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pegawai Kantor Kecamatan Medan Tuntungan yang berjumlah 47 orang. Mengingat jumlah populasi yang relative sedikit   maka  penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan  metode  total sampling,  yakni  mengambil seluruh  populasi menjadi objek penelitian sebanyak 47 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari  30 item pertanyaan. Uji Hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi  linier sederhana dengan uji-t

            Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemberdayaan profesionalisme pegawai memberi pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Hal ini diindikasikan oleh nilai  t-hitung X (10.126) > t-tabel (1.98) dan sig-p (0.001) < sig-a  (0.05), Besarnya pengaruh pemberdayaan profesionalisme pegawai terhadap kualitas pelayanan publik  adalah sebesar 69.5% 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-30