Pengaruh Pemberdayaan Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik, Studi Kasus Kantor Kecamatan Medan Tuntungan
DOI:
https://doi.org/10.51622/jispol.v3i1.1343Keywords:
pemberdayaan profesionalisme pegawai, kualitas pelayanan publikAbstract
Pelayanan publik merupakan salah satu produk aparatur pemerintah yang diberikan kepada masyarakat luas. Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan salah satu fungsi utama dalam penyelenggaraan pemerintah yang menjadi kewajiban aparatur pemerintah. Profesionalisme merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik sehingga pegawai sebagai aparatur pemerintah harus bekerja secara profesional untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas
Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan explanatory survey atau descriptive survey. yang bertujuan untuk menganalisi pengaruh profesionalisme terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Medan Tuntungan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pegawai Kantor Kecamatan Medan Tuntungan yang berjumlah 47 orang. Mengingat jumlah populasi yang relative sedikit maka penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling, yakni mengambil seluruh populasi menjadi objek penelitian sebanyak 47 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari 30 item pertanyaan. Uji Hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dengan uji-t
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemberdayaan profesionalisme pegawai memberi pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Hal ini diindikasikan oleh nilai t-hitung X (10.126) > t-tabel (1.98) dan sig-p (0.001) < sig-a (0.05), Besarnya pengaruh pemberdayaan profesionalisme pegawai terhadap kualitas pelayanan publik adalah sebesar 69.5%
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Vera A. Pasaribu, Sadrakh Valencius Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.