Otonomi Pendidikan Di Era Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.51622/jispol.v3i1.1349Keywords:
Otonomi PendidikanAbstract
Pendidikan adalah alat satu-satunya dalam membangun peradaban sebuah bangsa. Melalui pendidikan diharapkan sumber daya manusia bisa terwujud dengan baik. Itulah sebabnya tata kelola pendidikan yang bagus berpengaruh positif terhadap mutu pendidikan. Selama ini tata kelola pendidikan di negara Indonesia masih jauh dari apa yang diharapkan. Tata kelola itu belum fokus pada upaya membangun lulusan yang bermutu. Tata kelola hanya dilakukan dengan rutinitas tanpa ada upaya yang konkrit bagaimana mengangkat mutu pendidikan kita. Apalagi di era otonomi daerah saat ini, pendidikan menengah adalah wewenang dari pemerintah Provinsi dan juga Kabupaten. Otonomi pendidikan yang memebrikan wewenang luas itu seharusnya serta merta mendongkrak mutu pendidikan kita karena adanya limpahan wewenang yang banyak, termasuk dalam hal mengelola masalah keuangan. Bagaimana seharusnya pemeritah daerah dalam mengelola otonomi pendidikan, khsusnya di era industri 4.0 saat ini tentu jadi sebuah pertanyaan yang harus di jawab oleh pemerintah kabupaten dan provinsi di era otonomi pendidikan saat ini.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Jonson Rajagukguk, Maringan Panjaitan , Dian Sri Rezeki Lumban Gaol, Silvia Decmerry Natalia Gea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.