Dampak Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Terhadap Efektivitas Transaksi Dan Pelayanan Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Mandala

Authors

  • Karin Venensia Br. Manik Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Fisipol UHN Medan
  • Charles M. Sianturi Dosen Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHN Medan
  • Natalia ET Sihombing Dosen Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHN Medan

DOI:

https://doi.org/10.51622/jispol.v3i2.2156

Keywords:

Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS), Efektivitas Transaksi dan Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pegadaian digital service (PDS) efektif dalam memberikan kemudahan dan manfaat dalam bertransaksi serta pelayanan bagi pegawai/karyawan dan nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Mandala telah sesuai dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1150.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini terdiri dari informan kunci yaitu Pimpinan Cabang PT. Pegadaian (Persero) Cabang Mandala,Informan Utama yaitu adalah Pengelola Agunan dan Marketing dan Marketing PT. Pegadaian (Persero) Cabang Mandala, Informan Pendukung yaitu para pegawai PT. Pegadaian (Persero) Cabang Mandala. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah mengolah data, mengorganisasi data, dan memecahkannya dalam unit-unit kecil, mencari pola dan tema-tema yang sama.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peran layanan Pegadaian Digital Service meningkatkan efektivitas para pegawai dalam melakukan transaksi digital telah sesuai dengan Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1150 dimana penerapan aplikasi pegadaian digital service dalam transaksi dan pelayanan melalui sebuah aplikasi untuk melakukan gadai, tebus gadai serta produk-produk pegadaian lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-12