Pengaruh Harga Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Pengembangan Usaha Ulos Tenun Melalui Pendampingan Usaha Di Desa Simorangkir Kabupaten Tapanuli Utara

Authors

  • Srivianita Nahampun Dosen Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHN Medan
  • Nalom Siagian Dosen Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHN Medan
  • Ridhon MB Simangunsong Dosen Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHN Medan

DOI:

https://doi.org/10.51622/jispol.v3i2.2165

Keywords:

Ulos, Harga Produk, Kualitas Produk, dan SEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Pengembangan Usaha Ulos Tenun Melalui Pendampingan Usaha Ulos Tenun di Desa Simorangkir Kabupaten Tapanuli Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel 100 responden. Jenis data yang digunakan yaitu dat primer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode yanng digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah Stuctural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS versi 22.0. Hasil dari estimasi C.R (Critical Ratio) dan P. Value menjelaskan bahwa setiap variabel berpengaruh signifikan jika nilai probabilitas memiliki bintang tiga atau diatas > 0,05 sedangkan tidak signifikan jika tidak memiliki bintang tiga atau kurang dari < 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga produk berpengaruh positif terhadap pengembangan usaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas (P) 0,030. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap pengembangan usaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas (P) 0,04. Harga produk berpengaruh negatif terhadap pendampingan usaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas (P) 0,576. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap pendampingan usaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai C.R sebesar 1,908. Pendampingan usaha berpengaruh negatif terhadap pengembangan usaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas (P) 0,097. Harga produk berpengaruh negatif terhadap pengembangan usaha melalui pendampingan usaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas (P) 0,056. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap pengembangan usaha melalui pendampingan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-12