Analisis Efektivitas Kebijakan Dan Program Anti Bullying Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus SMP Swasta Methodist 5 Medan)

Authors

  • Brilian Emastin Debora Wau Mahasiswa Prodi Administrasi Publik, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Artha Lumban Tobing Dosen Prodi Administrasi Publik, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Jhonson Pasaribu Dosen Prodi Administrasi Publik, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Maringan Panjaitan Dosen Prodi Administrasi Publik, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51622/jispol.v5i1.2851

Keywords:

Administrasi Publik, Implementasi Kebijakan, Anti Bullying, Pelayanan Publik, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Bullying di Sekolah Menengah Pertama merupakan permasalahan sosial yang menghambat terciptanya lingkungan pendidikan yang aman dan inklusif. Pemerintah merespons melalui Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi kebijakan dan program anti bullying di SMP Swasta Methodist 5 Medan dalam perspektif Administrasi Publik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan dilakukan secara aktif oleh guru Bimbingan Konseling melalui pendekatan moral, spiritual, dan empatik. Namun, belum tersedia struktur kelembagaan formal seperti pembentukan TPPK maupun prosedur operasional yang tertulis. Implementasi kebijakan masih bersifat individual dan belum terintegrasi secara administratif. Temuan ini menunjukkan pentingnya penguatan kelembagaan dan sinergi antar pemangku kepentingan dalam meningkatkan efektivitas kebijakan sebagai bagian dari pelayanan publik di bidang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-20