Pengaruh Gaya Kepemimpinan Melayani Dan Kualitas Kerja Dosen Tehadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas HKBP Nommensen Medan Dengan Motivasi Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.51622/jispol.v5i1.2861Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Kualitas, Kepuasan, MotivasiAbstract
Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan mengharapkan kepuasan dan pelayanan yang baik, meskipun standar kepuasan tiap individu bervariasi. Namun, universitas menghadapi beberapa tantangan internal, seperti kedisiplinan pegawai yang kurang, transfer pengetahuan dari pelatihan dosen yang belum optimal, penempatan pejabat struktural yang tidak sesuai harapan dosen, serta beban kerja dosen yang tinggi tanpa dukungan SDM dan sarana prasarana memadai, yang semuanya berdampak pada kualitas kerja dosen dan menimbulkan ketidakpuasan. Penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur SEM, menemukan bahwa kualitas kerja dosen secara signifikan dan positif memengaruhi motivasi mahasiswa (CR/t hitung = 2,109, p-value = 0,035). Selanjutnya, motivasi mahasiswa juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (CR/t hitung = 2,712, p-value = 0,007). Menariknya, meskipun gaya kepemimpinan dan kualitas kerja dosen tidak secara langsung memengaruhi kepuasan mahasiswa, kualitas kerja dosen memiliki pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap kepuasan mahasiswa melalui motivasi mahasiswa sebagai variabel intervening (t hitung = 2,139). Ini menegaskan pentingnya meningkatkan kualitas kerja dosen untuk memicu motivasi mahasiswa demi mencapai kepuasan yang lebih baik.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Nifarius Gulo, Tri Sastraman Farasi, Feby V Hutagalung, Regina Samosir, Rut Onike Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.