Kepercayaan Konsumen Memediasi Live Streaming dan Price Discount Terhadap Keputusan Pembelian Gen Z Pengguna Shopee di Kota Medan

Authors

  • talenta situmorang Universitas HKBP Nommensen
  • Romindo Pasaribu Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

Live Streaming, Price Discount, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming dan price discount terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi pada generasi Z pengguna aplikasi Shopee di kota Medan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada generasi Z pengguna aplikasi Shopee di kota Medan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SmartPLS versi 4.0. Metode analisis yang digunakan adalah Strutural Equation Modelling (SEM), model pengukuran (outer model), pengukuran struktural (inner model) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, live streaming berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi, price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-10-28

How to Cite

situmorang, talenta, & Pasaribu, R. (2025). Kepercayaan Konsumen Memediasi Live Streaming dan Price Discount Terhadap Keputusan Pembelian Gen Z Pengguna Shopee di Kota Medan . Journal Business and Management, 3(2), 556-571. Retrieved from https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management/article/view/2881