PERBEDAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERPARADIGMA HUMANISTIK DAN MODEL CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING BERPARADIGMA KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MARIA GORETTI KABANJAHE T.P.2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.51622/eksakta.v5i1.2487Abstract
This research is an experimental research with the type of research used is quasi-experimental research (pseudo-experiment) which aims to determine whether there are differences in the mathematical problem solving ability of students taught with the contextual teaching and lerning model with a humanistic paradigm with the contextual teaching and learning model with a local wisdom paradigm. The population in this study is the VIII grade of Maria Goretti Kabanjahe Junior High School T.P 2019/2020. After testing the posttest data on students' problem solving ability statistically, it was found that -count < table or tc> table with dk = 40 and dk = 60, namely (-0.997) < table (1.671) so that Ho was rejected and ha was accepted. So it can be concluded that the mathematical problem solving ability of students taught with Contextual Teaching and Learning with Local wisdom paradigm is higher than the mathematical problem solving ability of students taught using Contextual Teaching and Learning with Humanistic Paradigm on the topic of two variable linear equation system.
Keywords: Creative Problem Solving, Concept Understanding
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamara, Syaif,Bahri. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta Rineka Cipta
Elaine, Nuzi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Palibelo. Tesis. Universitas Negeri Makassar.
Gultom, DJ.Raja Marpodang.(1992). Dalihan Na Tolu nilai Budaya Suku Batak: CV,Amanda
Herman Hudojo. (2003). Pengetahuan, Kurikulum dan Pembelajaran Matematika:FMIPA Universitas Negeri Malang.
Hosna, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghatalia Indonesia
Hutagalung, Ruminda. 2017. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran Guided Discovery berbasis budaya toba di SPP Negeri 1 Tukka. Vol 2 (2): STIT Hamzah Fansyuri Sibolga.
Lubis. 2018. Evektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan.Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen, Medan. Universitas HKBP Nommensen Medan.
Ngalimun. (2014). Stategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswajaya Presindo.
Pratiwi. 2017. Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Kelas VII SMP Tri Natar T.A 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pustaka.
Shadiq, Fajar. 2014. Pembelajaran Matematika Cara Menigkatkan Kemampuan Berfikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siagian. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berparadigma Humanistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen, Medan. Universitas HKBP Nommensen Medan.
Sitepu. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didk Pada Materi Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMP N 3 Barus Jahe Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen Medan.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : tarsito
_______2005. Metode Statistika. Bandung : tarsito
Sumiarmi, Muhammad.2015. strategi pembelajaran teori dan praktik ditingkat pendidikan dasar. jakarta: PT Garfindo Persada.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Trianto . 2016. “Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresik”. Jakarta: kencana
http:///www.medukasi.web.id/2014/08/keunggulan-dan-kelebihan-pembelajaran.html