Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X SMA Swasta Raksana Medan T.P 2019/2020

Authors

  • Rizki Agnes Simanjuntak universitas hkbp nommensen medan

DOI:

https://doi.org/10.51622/eksakta.v5i2.2489

Abstract

     In this study, the test instruments used were mathematical concept understanding and mathematical problem solving test instruments. The population in this study were students of class X SMA Sawasta Raksana Medan odd semester 2019/2020 academic year consisting of 3 classes, namely X IPA 1, X IPA 2, and X IPA 3. This study aims to improve students' ability to solve problems and understand concepts in learning the system of linear equations of three variables. Based on Table 4.15, the results obtained tcount = 1.733 and ttable = 1.671 (tcount> ttable) which means Ha2 is accepted. Thus it can be concluded that learning with the Jigsaw II type cooperative model is better than the scientific approach to problem solving on the system of linear equations of three variables in class X SMA Swasta Raksana Medan TP 2019/2020.

 

Keywords: Jigsaw Type Cooperative, Concept Understanding and SMA Swasta Raksana Medan

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M Sadirman . 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rajawali Pers

Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung Refika Aditama.

Ades, Sanjaya.2011. Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

_____________ 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Aisyah, Siti. Dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka

Akbar, Usman 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara

Allen, Mary J dan Wendy M. Yen. 1979, “Introduction to Measurement Theory”. Moneterey, CA: Brooks/Cole Publishing Company

Anonim. (2011). TIMSS (Trends in International Mathematics and Study). Diakes dari http://timmssandpirls.bc.edu/data-release-2011/pdf/Overview-TIMSS-and-PIRLS-2011-Achievement.pdf, pada tanggal 4 oktober 2016. Jam 21.00 WIB

Arends 1997. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Arifin. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekaran Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

_______, S. 2006 . Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara

Dahlan, M.D. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Eggen,P.D. and Kauchak. D.P.1996. Learning and Teaching, 2nded.Needdham Height, Massachussets: Allyn and Bacon

Erickson and Bern.2001. “Contextual Teaching and Learning”. Journal of Economy. No.2

Fimatesa Windari. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2: Tahun 2014, Part 1: hal. 25-28 Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang

Gurganus. (2010). Characteristics of student’s mathematics learning

Hamalik, Oemar, (2001), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta

Haryani, M.2010. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tesis Tidak dipublikasikan UPI Bandung

Herman Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika

Jbeili, Ibrahim.2012. The Effect of Cooperatif Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. International Journal for Research in Education (IJRE) : No.32

Komalasari,Kokom.2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung

Lazim, M. (2013) Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran

Marno & M. Idris. (2008), Strategi & Metode Pengajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta

Muhadjir, Noeng, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Jigja: Rake sarasim

Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Surabaya: Surabaya Intelectual Club (SIC)

Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Patria. 2007. Pemahaman Konsep. [online]. Tersedia di http:// http://mediah``arja.blogspot.com/2011/pemahaman-konsep.html.

Ruseffendi, E.T. Dkk. (1991). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. (hal: 15,16)

Saputra, Joko Ilham. (2011. Studi Komprasi Antara Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Meode Ceramah Bervariasi Terhadap Hasil Belajar Akutansi Materin Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Universitas Negeri semarang. Diterbitkan

Shadiq, Fadjar. 2009. Model-model Pembelajaran Matematika SMP Jakarta: Nurul Hidayah.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Soedijarto,1993. Menuju Pendidikan nasional yang Relevan dan Bermutu, Jakarta : Balai Pustaka

Sudjana, (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

______, 2002 Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung : ALFABETA)

________, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

________, 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suherman, 1980, Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Surabaya : Alfabeta

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Tambunan, 2019. The Effectiveness Of The Problem Solving Strategy And The Scientific Approach To Students’Mathematicael In High Order Thinking Skills

Trianto, (2007). Mode-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

______, (2011), Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara

Wahyudi, Budiono Inawati. 2012. Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya sari Press

Wahyudi & Anugraheni, Indri, 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga : Satya Wacana University Press

Wahyuni, Yerizon, & Dodi. (2017). Peningkatan Kemampuan Masalah Matematika Siswa dengan Pembelajaran Based Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika

Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKI, Mata Pelajaran Matematika SMP MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika

Zulkardi. 2003. “Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya.” Palembang UNSRI

Hutagalung, Ruminda. 2017. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran Guided Discovery berbasis budaya toba di SPP Negeri 1 Tukka. Vol 2 (2): STIT Hamzah Fansyuri Sibolga.

Lubis. 2018. Evektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan.Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen, Medan. Universitas HKBP Nommensen Medan.

Ngalimun. (2014). Stategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswajaya Presindo.

Pratiwi. 2017. Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Kelas VII SMP Tri Natar T.A 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pustaka.

Shadiq, Fajar. 2014. Pembelajaran Matematika Cara Menigkatkan Kemampuan Berfikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siagian. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berparadigma Humanistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen, Medan. Universitas HKBP Nommensen Medan.

Sitepu. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didk Pada Materi Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMP N 3 Barus Jahe Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen Medan.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : tarsito

_______2005. Metode Statistika. Bandung : tarsito

Sumiarmi, Muhammad.2015. strategi pembelajaran teori dan praktik ditingkat pendidikan dasar. jakarta: PT Garfindo Persada.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Trianto . 2016. “Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresik”. Jakarta: kencana

http:///www.medukasi.web.id/2014/08/keunggulan-dan-kelebihan-pembelajaran.html

Published

2024-07-05

How to Cite

Rizki Agnes Simanjuntak. (2024). Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X SMA Swasta Raksana Medan T.P 2019/2020. Jurnal Visi Eksakta, 5(2), 41-63. https://doi.org/10.51622/eksakta.v5i2.2489