Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X SMA Swasta Raksana Medan T.P 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.51622/eksakta.v5i2.2489Abstract
In this study, the test instruments used were mathematical concept understanding and mathematical problem solving test instruments. The population in this study were students of class X SMA Sawasta Raksana Medan odd semester 2019/2020 academic year consisting of 3 classes, namely X IPA 1, X IPA 2, and X IPA 3. This study aims to improve students' ability to solve problems and understand concepts in learning the system of linear equations of three variables. Based on Table 4.15, the results obtained tcount = 1.733 and ttable = 1.671 (tcount> ttable) which means Ha2 is accepted. Thus it can be concluded that learning with the Jigsaw II type cooperative model is better than the scientific approach to problem solving on the system of linear equations of three variables in class X SMA Swasta Raksana Medan TP 2019/2020.
Keywords: Jigsaw Type Cooperative, Concept Understanding and SMA Swasta Raksana Medan
Downloads
References
A.M Sadirman . 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rajawali Pers
Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung Refika Aditama.
Ades, Sanjaya.2011. Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
_____________ 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Aisyah, Siti. Dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka
Akbar, Usman 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara
Allen, Mary J dan Wendy M. Yen. 1979, “Introduction to Measurement Theory”. Moneterey, CA: Brooks/Cole Publishing Company
Anonim. (2011). TIMSS (Trends in International Mathematics and Study). Diakes dari http://timmssandpirls.bc.edu/data-release-2011/pdf/Overview-TIMSS-and-PIRLS-2011-Achievement.pdf, pada tanggal 4 oktober 2016. Jam 21.00 WIB
Arends 1997. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Arifin. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekaran Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
_______, S. 2006 . Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara
Dahlan, M.D. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Eggen,P.D. and Kauchak. D.P.1996. Learning and Teaching, 2nded.Needdham Height, Massachussets: Allyn and Bacon
Erickson and Bern.2001. “Contextual Teaching and Learning”. Journal of Economy. No.2
Fimatesa Windari. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2: Tahun 2014, Part 1: hal. 25-28 Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang
Gurganus. (2010). Characteristics of student’s mathematics learning
Hamalik, Oemar, (2001), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta
Haryani, M.2010. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tesis Tidak dipublikasikan UPI Bandung
Herman Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika
Jbeili, Ibrahim.2012. The Effect of Cooperatif Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. International Journal for Research in Education (IJRE) : No.32
Komalasari,Kokom.2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung
Lazim, M. (2013) Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran
Marno & M. Idris. (2008), Strategi & Metode Pengajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Muhadjir, Noeng, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Jigja: Rake sarasim
Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Surabaya: Surabaya Intelectual Club (SIC)
Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Patria. 2007. Pemahaman Konsep. [online]. Tersedia di http:// http://mediah``arja.blogspot.com/2011/pemahaman-konsep.html.
Ruseffendi, E.T. Dkk. (1991). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. (hal: 15,16)
Saputra, Joko Ilham. (2011. Studi Komprasi Antara Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Meode Ceramah Bervariasi Terhadap Hasil Belajar Akutansi Materin Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Universitas Negeri semarang. Diterbitkan
Shadiq, Fadjar. 2009. Model-model Pembelajaran Matematika SMP Jakarta: Nurul Hidayah.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soedijarto,1993. Menuju Pendidikan nasional yang Relevan dan Bermutu, Jakarta : Balai Pustaka
Sudjana, (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
______, 2002 Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung : ALFABETA)
________, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
________, 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suherman, 1980, Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Surabaya : Alfabeta
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Tambunan, 2019. The Effectiveness Of The Problem Solving Strategy And The Scientific Approach To Students’Mathematicael In High Order Thinking Skills
Trianto, (2007). Mode-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
______, (2011), Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara
Wahyudi, Budiono Inawati. 2012. Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya sari Press
Wahyudi & Anugraheni, Indri, 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga : Satya Wacana University Press
Wahyuni, Yerizon, & Dodi. (2017). Peningkatan Kemampuan Masalah Matematika Siswa dengan Pembelajaran Based Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika
Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKI, Mata Pelajaran Matematika SMP MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Zulkardi. 2003. “Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya.” Palembang UNSRI
Hutagalung, Ruminda. 2017. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran Guided Discovery berbasis budaya toba di SPP Negeri 1 Tukka. Vol 2 (2): STIT Hamzah Fansyuri Sibolga.
Lubis. 2018. Evektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan.Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen, Medan. Universitas HKBP Nommensen Medan.
Ngalimun. (2014). Stategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswajaya Presindo.
Pratiwi. 2017. Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Kelas VII SMP Tri Natar T.A 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pustaka.
Shadiq, Fajar. 2014. Pembelajaran Matematika Cara Menigkatkan Kemampuan Berfikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siagian. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berparadigma Humanistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen, Medan. Universitas HKBP Nommensen Medan.
Sitepu. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didk Pada Materi Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMP N 3 Barus Jahe Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen Medan.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : tarsito
_______2005. Metode Statistika. Bandung : tarsito
Sumiarmi, Muhammad.2015. strategi pembelajaran teori dan praktik ditingkat pendidikan dasar. jakarta: PT Garfindo Persada.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Trianto . 2016. “Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresik”. Jakarta: kencana
http:///www.medukasi.web.id/2014/08/keunggulan-dan-kelebihan-pembelajaran.html