EFEKTIVITAS MODELPEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GEOMETRI DERAJAT DAN RADIAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 DOLOK SANGGUL TP. 2019/2020

Authors

  • Enita Octalia Siregar universitas hkbp nommensen medan

DOI:

https://doi.org/10.51622/eksakta.v5i2.2495

Abstract

     This study is an experimental research with a cooperative model. The population in this study were all tenth grade students at SMA Negeri 1 Tigalingga in the 2019/2020 academic year, consisting of 5 classes, namely class X MIA1, class XMIA2, class XMIA3, class XMIA4, class X MIA5. This study aims to determine how learning with the cooperative think pair share model and scientific approach should be towards students' abilities in understanding concepts and solving problems in exponent number operations in class X. The results of the study indicate that the design of the learning model that has been designed is good for use. Based on Table 4.8, the results of tcount = 10.002 and ttable = 1.67 (tcount> ttable) which means Ha2 is accepted. Thus, it can be concluded that learning with the cooperative Think Pair Share model is better than the scientific approach to understanding concepts in exponent number operations in class X of SMA Negeri 1 Tigalingga in the 2019/2020 academic year. Keywords: Creative

 

Problem Solving, Concept Understanding         

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas Nurhayati. 2015. Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Airlangga

Abdurrahman. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dafril, A. 2015. Pengaruh Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Peningkatan Pemahaman

Matematika Siswa. Palembang: Prosiding PGRI

Depdiknas. 2016. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Djamarah, Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Eggen Dan Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten Dan

Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks

Fadjar Shadiq. 2015. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Hudoyo, 2015. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: P2LPTK.

J, Kilpatrick, & B, Findell. 2015. Adding It Up : Helping Children Learn Matematics. Diambil

kembali dari http://www.nap.edu/catalog/9822.html

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Miarso. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nurhadi,dkk. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta : Gramedia Widiasarana

Indonesia

Nurkancana. 2017. Evaluasi Hasil Belajar .Surabaya: Usaha Nasional.

Panjaitan, S. 2015. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Visual

Basic , Medan. Volume:2, Edisi 2, hal:77-89.

Pardosi. 2010. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud

Rohana. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep

Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang : Prosiding PGRI

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Group

Sasmita. 2016. Efetivitas Model Pembelajaran (TSTS) Untuk Meningkatkan Pemahaman

Konsep Siswa. Skripsi Bandar Lampung: Universitas Lampung

Shoimin, A. 2016. Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz

media

Siahaan Friska B 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quis Team Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Volume:1, Edisi 1, hal:37-47.

Situmorang A. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Kreativitas Matematis Siswa

dengan Menggunakan Model Pencapaian Konsep, Jurnala Penelitian Bidang Pendidikan Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan, Medan. Volume:1, Edisi 1, hal:52-59.

Situmorang A. 2014. Desain model Pembelajaran Based Learning dalam peningkatan

Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Semester 3

FKIP-UHN Medan.Volume:1, Edisi 1, hal:1-9.

Situmorang A. 2015. Desain model Pembelajaran Based Learning dalam peningkatan

Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Semester 3

FKIP-UHN Medan.Volume:1, Edisi 1, hal:1-10.

Siagian Sondang. 2015. Kerangka Dasar Imu Administrasi.Jakarta :Rineka Cipta

Soedjadi. 2015. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan

implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Turmudi. (2016). Taktik dan Strategi pembelajaran matematika (berparadigma Eksploratif dan

investigatif). Jakarta : Leuser cipta pustaka.

Wahyudin,S,dkk. 2015. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP.

PPPPTK Matematika, Yogyakarta.

Published

2024-01-18

How to Cite

Enita Octalia Siregar. (2024). EFEKTIVITAS MODELPEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GEOMETRI DERAJAT DAN RADIAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 DOLOK SANGGUL TP. 2019/2020. Jurnal Visi Eksakta, 5(2), 1-40. https://doi.org/10.51622/eksakta.v5i2.2495