EFEKTIVITAS MODELPEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GEOMETRI DERAJAT DAN RADIAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 DOLOK SANGGUL TP. 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.51622/eksakta.v5i2.2495Abstract
This study is an experimental research with a cooperative model. The population in this study were all tenth grade students at SMA Negeri 1 Tigalingga in the 2019/2020 academic year, consisting of 5 classes, namely class X MIA1, class XMIA2, class XMIA3, class XMIA4, class X MIA5. This study aims to determine how learning with the cooperative think pair share model and scientific approach should be towards students' abilities in understanding concepts and solving problems in exponent number operations in class X. The results of the study indicate that the design of the learning model that has been designed is good for use. Based on Table 4.8, the results of tcount = 10.002 and ttable = 1.67 (tcount> ttable) which means Ha2 is accepted. Thus, it can be concluded that learning with the cooperative Think Pair Share model is better than the scientific approach to understanding concepts in exponent number operations in class X of SMA Negeri 1 Tigalingga in the 2019/2020 academic year. Keywords: Creative
Problem Solving, Concept Understanding
Downloads
References
Abas Nurhayati. 2015. Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Airlangga
Abdurrahman. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dafril, A. 2015. Pengaruh Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Peningkatan Pemahaman
Matematika Siswa. Palembang: Prosiding PGRI
Depdiknas. 2016. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Djamarah, Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Eggen Dan Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten Dan
Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks
Fadjar Shadiq. 2015. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Hudoyo, 2015. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: P2LPTK.
J, Kilpatrick, & B, Findell. 2015. Adding It Up : Helping Children Learn Matematics. Diambil
kembali dari http://www.nap.edu/catalog/9822.html
Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Miarso. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Nurhadi,dkk. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta : Gramedia Widiasarana
Indonesia
Nurkancana. 2017. Evaluasi Hasil Belajar .Surabaya: Usaha Nasional.
Panjaitan, S. 2015. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Visual
Basic , Medan. Volume:2, Edisi 2, hal:77-89.
Pardosi. 2010. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud
Rohana. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep
Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang : Prosiding PGRI
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Group
Sasmita. 2016. Efetivitas Model Pembelajaran (TSTS) Untuk Meningkatkan Pemahaman
Konsep Siswa. Skripsi Bandar Lampung: Universitas Lampung
Shoimin, A. 2016. Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz
media
Siahaan Friska B 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quis Team Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Volume:1, Edisi 1, hal:37-47.
Situmorang A. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Kreativitas Matematis Siswa
dengan Menggunakan Model Pencapaian Konsep, Jurnala Penelitian Bidang Pendidikan Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan, Medan. Volume:1, Edisi 1, hal:52-59.
Situmorang A. 2014. Desain model Pembelajaran Based Learning dalam peningkatan
Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Semester 3
FKIP-UHN Medan.Volume:1, Edisi 1, hal:1-9.
Situmorang A. 2015. Desain model Pembelajaran Based Learning dalam peningkatan
Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Semester 3
FKIP-UHN Medan.Volume:1, Edisi 1, hal:1-10.
Siagian Sondang. 2015. Kerangka Dasar Imu Administrasi.Jakarta :Rineka Cipta
Soedjadi. 2015. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan
implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Turmudi. (2016). Taktik dan Strategi pembelajaran matematika (berparadigma Eksploratif dan
investigatif). Jakarta : Leuser cipta pustaka.
Wahyudin,S,dkk. 2015. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP.
PPPPTK Matematika, Yogyakarta.