Implementasi Nilai Dalam Penguatan Karakter Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal

Authors

  • Yusrianti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Jusman Tang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Ibrahim Manda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Syamsu Tang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Samratusabri Subehan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Sidenreng Rappang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51622/vsh.v4i1.1820

Keywords:

Implementasi, budaya sekolah, karakter siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai dalam penguatan karakter melalui budaya sekolah berbasis kearifan lokal, dan kendala implementasi nilai budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa serta solusi pemecahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMKN 8 PINRANG KABUPATEN PINRANG  mulai Awal September sampai Oktober 2023. Subjek penelitian terdiri atas Kepala, Wakil Kepala Bidang Kemahasiswaan, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Guru, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 budaya sekolah yang merupakan implementasi nilai dalam penguatan karakter siswa di SMKN 8 Pinrang.  membangun komitmen yang kuat untuk keberhasilan pengimplementasi budaya sekolah berbasis kearifan lokal. Melalui budaya sekolah mampu menguatkan karakter peserta didik seperti karakter disiplin, tanggung jawab, percaya diri, jujur, nilai-nilai kebersihan, dan etika memasuki kelas. Mengacu kepada konsep karakter yang ditanamkan kepada peserta didik maka dalam penelitian ini sudah mencakup sebagian dari karakter yang diharapkan oleh Pendidikan Nasional yaitu meliputi karakter religius, disiplin, jujur, tanggungjawab, peduli lingkungan, peduli sosial, bersahabat, dan percaya diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 2063–2069.

Anas, S., & Irwanto, A. (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. CV. Pustaka Setia.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dalam mendirikan UMKM dan efektivitas promosi melalui online di kota tangerang selatan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(3), 702–714.

Huberman, A. M., & Miles, M. B. (1994). Data management and analysis methods.

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11–23.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Sukses Mengajar: Panduan Lengkap menjadi Guru Kreatif dan Inovatif.

Kusumawardanie, B. O. (n.d.). Peran komisi perlindungan anak Indonesia dalam melindungi anak dari eksploitasi tenaga kerja di bawah umur (analisis data kasus di KPAI 2011-2017) (Bachelor’s thesis).

Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1).

Moleong, L. C. (2018). Pengaruh Real Interest Rate dan Leverage Terhadap Financial Distress. Modus, 30(1), 71–86.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo. Cakra Booksv, 1(1), 3–4.

Purnama, S. D., & Sani, F. S. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KULINER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA GRANDE GARDEN CAFÉ. RELASI. Jurnal Penelitian Komunikasi, 2(02), 33–39.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201–214.

Rosana, S. A. (2018). Pengembangan Budaya Religius Siswa Melalui Program Pesantren di SMK Komputama Majenang Kabupaten Cilacap (Doctoral dissertation, IAIN PURWOKERTO).

Sagala, H. S., & Sos, S. (2016). Memahami organisasi pendidikan: Budaya dan reinventing, organisasi pendidikan. Prenada Media.

Yunus, R. (2013). Transformasi nilai-nilai budaya lokal sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–79.

Published

2023-06-30

How to Cite

Yusrianti, Tang, J., Manda, I. ., Tang, S. ., & Subehan, S. (2023). Implementasi Nilai Dalam Penguatan Karakter Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal. Visi Sosial Humaniora, 4(1), 18-28. https://doi.org/10.51622/vsh.v4i1.1820