HUBUNGAN METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Keywords:
Metode Pembayaran, Cash On Delivery (Cod), Keputusan Pembelian Secara OnlineAbstract
ndekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode kuantitatif korelasional dengan jumlah populasi tidak
diketahui secara pasti, tetapi yang menjadi populasi sebagai objek penelitian dalam
hal ini yaitu Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan dengan teknik
penarikan sampel menggunakan metode Non Probability Sampling dengan jenis
snowball sampling. Dalam kegiatan jual beli online melalui aplikasi calon pembeli
yang ingin membeli barang dapat dengan mudah memilih barang yang terpajang
dalam situs lengkap dengan informasi kualitas yang sudah disajikan oleh penjual,
lengkap dengan mencantumkan harganya. Kemudian calon pembeli yang telah
menentukan barang yang akan dibeli dapat menghubungi penjual melalui nomor
telepon atau nomor handphone yang tercantum dalam situs dan membuat
kesepakatan dengan melakukan pembayaran. Dan salah satunya yang sering
digunakan dengan cara Cash On Delivery (COD).
Hasil penelitian pada Uji Hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
positif antara Metode Pembayaran COD dengan Keputusan Pembelian secara online
pada mahasiswa Nommensen Medan, hal ini menunjukkan pada tingkat jual-beli
online yang dilakukan mahasiswa dan hubungan yang sangat kuat antara variabel
Metode Pembayaran COD dengan variabel keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat
dari nilai r hitung pada uji hipotesis.