Penggunaan Model Pembelajaran Pbl Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Fisika Berbasis Hots
Keywords:
PBL, Getaran, Gelombang, HOTS dan Hasil BelajaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan jenis penelitian eksperimen kuasi. Penelitian di SMP Swasta Masehi Berastagi menggunakan teknik pengambilan sampel acak yaitu kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian aktivitas belajar siswa dalam bentuk esai untuk mengetahui hasil belajar siswa. Skor rata-rata pascaujian kelas kontrol 66,9 dengan standar deviasi 8,20 setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh skor rata-rata pascaujian kelas eksperimen 78,1 dengan standar deviasi 6,85 dan Melalui uji t satu pihak untuk data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=58 diperoleh thitung =6,187 dan ttabel=1,671, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Signifikan Model Pembelajaran PBL terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal (HOTS). Sedangkan hubungan variabel berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan hasil