Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika
Keywords:
Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Perhatian orang tuaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Hubungan Perhatian orang tua dengan hasil belajar fisika, Hubungan disiplin belajar siswa dengan hasil belajar fisika siswa, Hubungan Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika. Yang menjadi Lokasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jenis penelitiannya adalah korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan kuesioner dan tes soal yang melibatkan sampel dengan jumlah sampel 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikanperhatian orang tua dengan hasil belajar fisika siswa Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilairhitung lebih besar dari r tabel (0,918> 0,374) dan nilai signifikansi sebesar 0,00(sig < 0,05), (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar fisika..Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai rhitung lebih besar dari r tabel 0,910> 0,374 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 (sig < 0,05) dan (3) Terdapat hubungan positif dansignifikan perhatian orang tua dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dari signifikan 0,000 (sig < 0,05) dengan nilai R sebesar 0,796