Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika SMP
Keywords:
Numbered Heads Together, Two Group Pretes-Postes Design, ValiditasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Fisika antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi getaran dan gelombang menggunakan peta konsep pada kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan,. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan,. yang berjumlah 25 orang. Peneliti membagi menjadi dua kelas yaitu VIII pertama sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 11 orang dan VIII kedua sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 14 orang. Penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretes-Postes Design. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Berdasarkan analisis thitung= 2,928 > ttabel= 2,069 dan Y = 49,64 + 0,412X Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linear (b) = 0,412 bertanda positif artinya hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada materi Getaran dan Gelombang. dapat meningkatkan dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT).