Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang
Keywords:
Aktivitas Peserta Didik, Discovery Learning, Hasil Belajar, GelombangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Parmonangan TA 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus slovin dan jumlah sampel 66 peserta didik yang terdiri dari 33 peserta didik kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 41,06 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,94. Sebelum diuji dengan uji t, diperoleh thitung = 0,81 < ttabel = 2,0012 pada taraf signifikan α = 0,05, ini berarti tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan awal peserta didik. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 75,30, kelas kontrol 67,58. thitung = 2,95 > ttabel = 1,67 pada taraf signifikan α = 0,05. Hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y = 6,23+ 0,95X. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa, model pembelajaran discovery learning dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Parmonangan TA 2021/2022 dengan besar peningkatan hasil belajarnya sebesar 19,55%.