SOSIALISASI LITERASI KEUANGAN DIGITAL & SADAR WISATA PADA USAHA RUMAHAN PENGOLAHAN HASIL LAUT, DESA SENTANG KEC. TELUK MENGKUDU KAB.SERDANG BEDAGAI, SUMUT
DOI:
https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1348Keywords:
Sosialisasi, Literasi Keuangan Digital, Sadar Wisata, UMKMAbstract
Transformasi teknologi informasi di bidang keuangan telah memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan perekonomian masyarakat, khususnya bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Program penguatan literasi ini dapat dilakukan melalui pendampingan intensif kepada pelaku UMKM. Dengan pendampingan yang komprehensif, UMKM dapat memperoleh pengetahuan baru yang memungkinkan mereka menggunakan layanan keuangan digital dengan baik. Selain itu juga dilakukan sosialisasi kegiatan sadar wisata. Pada akhirnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.
Downloads
References
A, A. A., Adil, A. B., & Sumarni, S. S. (2022). EPIC MODEL : EFEKTIVITAS SISTEM PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA PADA UMKM PRODUK OLAHAN IKAN. Jurnal Sains Agribisnis, 2(2). https://doi.org/10.55678/jsa.v2i2.791
Ahmad, N., Meliza, J., S, P. H., Fadhillah, Q., & Winata, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Produk Melalui Media Sosial Pada Umkm Bandrek Jahe Merah De Koto S Family. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi, 1(2).
Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA MARKETING PADA PELAKU UMKM GUNA PENINGKATAN PENDAPATAN. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866
Arianti, B. F., Azzahra, K., & ... (2021). Peran Modal dan Pendapatan Home Industry Dalam Literasi Keuangan. Jurnal Pengabdian …, 03(02).
Carera, W. B., Gunawan, D. S., & Fauzi, P. (2022). Analisis Perbedaan Omset Penjualan Umkm Sebelum Dan Sesudah Menggunakan QRIS di Purwokerto. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Akuntansi (JEBA), 24(1).
Hendarsyah, D. (2016). Penggunaan Uang Elektronik Dan Uang Virtual Sebagai Pengganti Uang Tunai Di Indonesia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 5(1). https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v5i1.74
Mega Dila, Juli Meliza, D. M. S. (2020). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE. Civitas: Jurnal Studi Manajemen, 2(2), 128–134.
Meliza, J., Nurhayati, N., Rahmadani, R., & Akbar, A. (2022). Pendampingan Digitalisasi Keuangan Untuk Penyusunan Harga Pokok Produksi Pelaku Usaha (Mitra) Pengrajin Tapai Singkong Dan Tapai Ketan Di Medan Tuntungan. Https://Journal.Adpebi.Com/Index.Php/JPMA/Article/View/87, 1(1), 42–50. https://journal.adpebi.com/index.php/JPMA/article/view/87
Meliza, J., & Sumarli, D. F. (2021). Influence of Financial Literacy on Performance and Business Sustainability: Case Study on Cake Business Group Typical Malayu Deli. https://doi.org/10.5220/0009202702910295
Purba, Y., & Pradhanawati, A. (2021). The Effect Of Information Technology And Knowledge Management On Employee Performance (Study At PT Astra Otoparts Finance Accounting Division). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2). https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31590
Purwaamijaya, B. M., Herdiana, O., Prehanto, A., Maesaroh, S. S., & Guntara, R. G. (2022). Pelatihan Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Sosial Media Tiktok. JILPI:JURNAL ILMIAH PENGABDIAN DAN INOVASI, 1(2).
Selamat, F., Mulyawan, B., & Tunjungsari, H. K. (2020). Peningkatan Aktivitas Pemasaran UMKM Melalui Pengembangan Website D’real Potatoes di Jakarta. Journal of Sustainable Community Development (JSCD), 2(1). https://doi.org/10.32924/jscd.v2i1.10
Susilawati, E., & Puryandani, S. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN STRUKTUR MODAL UMKM DENGAN INKLUSI KEUANGAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Pada UMKM Klaster Mebel dan Furnitur Kota Semarang). Solusi, 18(2). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2298
Sutrisno, D., Sagita, D., ‘Aliyah, S. H., Yuliawati, Y., Andriani, L., Anggresani, L., Hartesi, B., Perawati, S., Rozalti, R., Murtiah, H., & Susanti, S. (2018). Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Nilai Produk Bandrek Jahe di Kelurahan Sijinjang Kota Jambi. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.25077/logista.2.1.31-36.2018
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.362
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Juli Meliza, Reni Hamzah, Fenny Krisna Marpaung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.