PENGEMBANGAN DESA WISATA JATISURA KABUPATEN INDRAMAYU MELALUI PELATIHAN PRODUKSI KONTEN SINGKAT DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1352Keywords:
Canva, Desa Wisata, Media Sosial, MikroblogAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta memiliki tujuan untuk pemberdayaan pemuda desa melalui kegiatan pelatihan produksi konten singkat atau mikroblog di media sosial Instagram dan Tiktok di Desa Wisata Jatisura. Kegiatan didasarkan pada tingginya potensi wisata desa namun belum didukung dengan ketersediaan sumber daya manusia. Oleh sebab itu, Tim PKM melakukan berbagai kegiatan seperti materi dan praktek melalui beberapa metode. Metode pertama adalah tahap persiapan, metode kedua tahap implementasi dan metode tahap monitoring dan evaluasi. Berdasarkan metode tersebut, tahap pertama kordinasi dengan berbagai pihak terkait pelaksanaan kegiatan serta menganalisis hasil pretest bahwa seluruh peserta belum memahami membuat konten singkat atau mikroblog, sehingga pada metode ke dua Tim PKM memfokuskan beberapa materi seperti urgensi media sosial sebagai saluran utama dalam komunikasi wisata, desain mikroblog bagi pemula. Selanjutnya pelatihan membuat konten singkat dan desain menggunakan Aplikasi Canva. Adapun hasil evaluasi dan Monitoring, Tim PKM memetakan minat peserta yang terdiri dari sebagain besar memiliki minat fotografi, sedangkan lainnya memiliki minat dalam penyusunan konten.
Downloads
References
Afrillia, D. (2021). Mengenali Berbagai Tantangan dan Upaya Membangun Desa Wisata Berkelanjutan di Indonesia. 2021. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/09/06/mengenali-berbagai-tantangan-dan-upaya-membangun-desa-wisata-berkelanjutan-di-indonesia
Herdiana, D. (2019). Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 63. https://doi.org/10.24843/JUMPA.2019.v06.i01.p04
Huang L & Xie L. (2013). A Study of Tourism Destination Official Microblog Marketing Based on Content Analysis. 2013 International Conference on Service Sciences (ICSS), 170–175. https://doi.org/10.1109/ICSS.2013.49
Leonandri, D., & Rosmadi, M. L. N. (2018). The Role of Tourism Village to Increase Local Community Income. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 1(4), 188–193. https://doi.org/10.33258/birci.v1i4.113
Luthfi, W. (2021). Jumlah Desa Wisata Kian Meningkat dan Bentuk Sinergi Banyak Pihak Kelola Potensi Desa. 2021. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/09/07/jumlah-desa-wisata-kian-meningkat-bentuk-sinergi-banyak-pihak-kelola-potensi-desa
Poerwanto, E. (2019). TikTok, Medsos Paling Tepat Promosikan Pariwisata Indonesia. 2019. https://bisniswisata.co.id/tiktok-medsos-paling-tepat-promosikan-pariwisata-indonesia/
Romi, R. (2022). Inilah Geliat Desa Jati Sura Menuju Desa Wisata Terbaik. https://www.harianterbit.com/humaniora/pr-2744339576/inilah-geliat-desa-jati-sura-menuju-desa-wisata-terbaik
Susanti, I. (2020). Pengembangan Desa Wisata, Kemenparekraf Apresiasi 20 Perguruan Tinggi. https://ekbis.sindonews.com/read/254530/34/pengembangan-desa-wisata-kemenparekraf-apresiasi-20-perguruan-tinggi-1606954349
Widhoroso, W. (2021). UNJ Komitmen Dorong Pengembangan Desa Wisata. 2021. https://mediaindonesia.com/humaniora/433520/unj-komitmen-dorong-pengembangan-desa-wisata
Zebua, M. (2016). Inspirasi Pengembangan Pariwisata daerah. Deepublish: Yogyakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Uljanatunnisa, Yani Hendrayani, Drina Intyaswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.