Sosialisasi Pembelajaran Myob Berbasis Video Animasi Di Smk Negeri 1 Teluk Keramat

Authors

  • Novi Sentiya Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan Politeknik Negeri Sambas, Sambas Kalimantan barat, Indonesia
  • Roshani Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan Politeknik Negeri Sambas, Sambas Kalimantan barat, Indonesia
  • Munandar Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan Politeknik Negeri Sambas, Sambas Kalimantan barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51622/pengabdian.v6i2.2502

Keywords:

Akuntansi, MYOB, Penyusunan Laporan Keuangan

Abstract

Pelaksanaan belajar dan mengajar merupakan serangkaian hubungan yang mempunyai timbal balik antara dewan guru dan siswa atau peserta didik pada situasi pembelajaran demi mencapai tujuan dari pendidikan. Karena syarat utama dari berlangsunganya proses pembelajaran adalah hubungan timbal balik tersebut. Tujuan dari adanya proses pembelajaran yaitu merubah tingkah laku peserta didik menjadi lebih baik yang terdiri dari perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku. Capaian dari program pembelajaran bisa dilihat dari hasil belajar, sikap, serta perilaku dari peserta didik pada kehidupan sehari hari. Terdapat beberapa kendala yang sering dijumpai pada proses pembelajaran, salah satu nya adalah kesulitan yang dialamai oleh siswa terkait jenis mata pelajaran tertentu. Mata pelajaran MYOB (Mind Your Own Bussines) di anggap sulit oleh peserta didik sehingga menjadi hal yang menakutkan untuk dipelajari.  Proses pembelajaran adalah rangkaian hubungan timbal balik yang berlangsung antara guru dan peserta didik dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pendidikan. Hubungan timbal balik tersebut merupakan syarat utama berlangsungnya proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari proses pembelajaran adalah perubahan tingkah laku, yang meliputi perubahan pengetahuan, sikap, maupun perilaku. Pencapaian tujuan dari proses pembelajaran ini dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh serta sikap dan perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Namun, berbagai kendala masih banyak dijumpai dalam pelaksanaan proses pembelajaran. MYOB (Mind Your Own Bussiness) di SMK Kelas XI program studi Akuntansi dan Keuangan Lembaga dianggap sulit oleh sebagian peserta didik dan menjadi menakutkan untuk dipelajari. Hal seperti itulah yang menjadi hambatan pada proses pembelajaran. MYOB (Mind Your Own Bussiness) merupakan  program aplikasi komputer akuntansi yang digunakan untuk mengerjakan siklus akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan. Kendala dari  peserta didik dalam mengaplikasikan MYOB input transaski, pencatatan saldo awal sdan jurnal penyesuaian. Dengan demikian, maka disusunlah video pembelajaran berbasis animasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran siswa agar lebih termotivasi untuk mempelajari MYOB.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Pendidikan Republik Indonesia (2021). Kemendikbud Luncurkan Merdeka Belaja Kedelapan: SMK Pusat Keunggulan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-kedelapan-smk-pusat-keunggulan

Komariyah, I.P, Listiadi, A. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Program Aplikasi MYOB Accounting : Jurnal Studi Guru dan Pendidikan . 2022: 5 (2): (175-184)

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri sambas. (2024). Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat 2024

Rokhana, S. ( 2020). Belajar Aplikasi Komputer MYOB Menyenangkan dengan Video tutorial. https://smkn2mgl.sch.id/read/198/belajar-aplikasi-komputer-myob--menyenangkan--dengan-video-tutorial

Suciono, B. 2017. Komputer Akuntansi pada Perusahaan Jasa dengan MYOB. Jakarta: Erlangga

INDRAYANI, M.Ak. 2022. “Komputer Akuntansi (Praktikum Aplikasi Myob) Modul.” : 1–148.

Senastri, Khaula. 2022. “MYOB.” https://accurate.id/akuntansi/myob-adalah/.

Suryani. 2021. Komputer Akuntansi MYOB Accounting Versi 18.0 Perusahaan Dagang.

Published

2025-04-14

How to Cite

Novi Sentiya, Roshani, & Munandar. (2025). Sosialisasi Pembelajaran Myob Berbasis Video Animasi Di Smk Negeri 1 Teluk Keramat. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1-9. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v6i2.2502