Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Profitabilitas Perbankan di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Frederick Silaban Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.51622/jbm.v1i2.2006

Keywords:

ROA, CAR, NPL, NIM, dan NPL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat kesehatan bank terhadap profitabilitas perbankan di Bursa Efek Indonesia. Variabel Independen (X) dalam penelitian ini adalah Tingkat Kesehatan Bank (CAR, NIM, NPL dan LDR), sedangkan variabel profitabilitas (ROA) sebagai variabel dependen dalam penelitian ini. Sifat penelitian ini dengan deskriptif eksplanatori yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank negeri dan swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jumlah populasi perbankan pemerintah dan swasta adalah sebanyak 40 bank. Tahun pengamatan dimulai dari Tahun 2018 sampai dengan Tahun 2022. Berdasarkan kriteria pemilihan sampel diperoleh total sampel sebanyak 27 bank umum yaitu bank pemerintah dan swasta yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada periode penelitian tahun 2018-2022.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi yang dilakukan dengan cara mengakses situs resmi Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan merupakan gabungan data antara perusahaan (cross section) dan antar waktu (timeseries) yang disebut juga dengan polling data dan diteliti pada situs resmi www.idx.co.id serta berbagai penerbitan yang mempublikasikan data ekonomi makro indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) secara signifikan terhadap profitabilitas (ROA) pada bank-bank umum dan swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Sedangkan variabel Net Interest Margin (NIM) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) pada bank-bank umum dan swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Secara simultan variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas (ROA) pada bank-bank umum dan swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-21

How to Cite

Silaban, F. (2023). Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Profitabilitas Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Journal Business and Management, 1(2), 146-157. https://doi.org/10.51622/jbm.v1i2.2006