Dampak Penerapan Pembelajaran Berbasis Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar Fisika
Keywords:
Berpikir Induktif, Metode Eksperimen, Hasil BelajarAbstract
Fisika pada materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII VIII SMP Negeri 1 Tanah jawa. Dengan teknik Cluster Random Sampling, dianggap sampel penelitian kelas eksperimen (13 siswa) dan kelas kontrol (12 siswa). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa. Hasil analisis data merupakan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 61,92 dengan standar deviasi 10,11 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 41,66 dengan standar deviasi 12,49. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=23 diperoleh thitung=4,48 dan ttabel=1,71, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan diatas bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Berpikir Induktif dalam pembelajaran Fisika pada materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanah jawa..