Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Momentum Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Authors

  • siska Nainggolan Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Author*: siskainrianinainggolan@gmail.com
  • Leni Marlina Lase Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Author*: siskainrianinainggolan@gmail.com
  • Parlindungan Sitorus Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen
  • Januaris Pane Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Author*: siskainrianinainggolan@gmail.com

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Momentum, Hasil belajar peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Momentum Kelas X SMA Negeri 1 Palipi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian quasi experiment dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Palipi. Sampel diambil secara non random yaitu sebanyak dua kelas. Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan  adalah lembar aktivitas peserta didik dan soal dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pengamatan aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik tergolong baik. Dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest  kelas eksperimen sebesar 85,71 dengan varians sebesar 8,50 dan rata–rata posttest kelas kontrol sebesar 74,14 dengan standar deviasi 11,72 setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar, hal itu dapat dilihat pada hasil belajar pretest dan posttest peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Momentum Kelas X SMA Negeri 1 Palipi

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-22

How to Cite

Nainggolan, siska, Lase, L. M., Sitorus, P. ., & Pane, J. . (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Momentum Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek . Jurnal Omicron: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 8-14. Retrieved from https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/omicron/article/view/504

Issue

Section

Articles