Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Momentum Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Momentum, Hasil belajar peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Momentum Kelas X SMA Negeri 1 Palipi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian quasi experiment dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Palipi. Sampel diambil secara non random yaitu sebanyak dua kelas. Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas peserta didik dan soal dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pengamatan aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik tergolong baik. Dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,71 dengan varians sebesar 8,50 dan rata–rata posttest kelas kontrol sebesar 74,14 dengan standar deviasi 11,72 setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar, hal itu dapat dilihat pada hasil belajar pretest dan posttest peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Momentum Kelas X SMA Negeri 1 Palipi