STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU USAHA TANAMAN HIAS DI KELURAHAN SUKAMISKIN,KECAMATAN ARCAMANIK,KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1364Keywords:
Digital marketing; sosial media; instagramAbstract
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai wujud pelaksanaanTri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini sejalan dengan tujuan untuk tercapainya tujuan pembangunan nasional dengan mengembangkan kemampuan masyarakat. Kegiatan pemasaran merupakan hal penting dilakukan pelaku usaha untuk pertumbuhan bisnisnya. Terutama dalam era digital ini, dimana kegiatan pemasaran juga dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Melalui kegiatan PKM yang ditujukan kepada pelaku usaha di Kecamatan Arcamanik Bandug ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha untuk memasarkan produknya melalui media digital khusushnya pada media sosial. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan minat beli masyarakat sehingga berdampak positif pada penjualan produk.
Downloads
References
Antara. (2021). Infografis Ekspor Tanaman Hias Indonesia Naik 69,7 Persen. Retrieved from https://www.inews.id/multimedia/infografis/infografis-ekspor-tanaman-hias-indonesia-naik-697-persen
Basri, W. S. M., & Siam, M. R. A. (2019). Social media and corporate communication antecedents of SME sustainability performance. Journal of Economic and Administrative Sciences, 35(3), 172–182. https://doi.org/10.1108/jeas-01-2018-0011
Damayanti, A., Nugroho, A., & Windarti, S. (2022). Peningkatan Kapasitas Kelompok Desa Wisata Wukirsari Dalam Pemasaran Online Menggunakan Sosial Media Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(1), 15. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i1.566
Faris, A., & Himawan, I. (2019). Digital Marketing: Peningkatan Kapasitas Dan Brand Awareness Usaha Kecil Menengah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(2), 2579–2647.
Hardi, A. T. (2020). Tanaman Hias Bisnis Menjanjikan di Tengah Pandemi. Retrieved August 13, 2023, from https://mediaindonesia.com/nusantara/358470/tanaman-hias-bisnis-menjanjikan-di-tengah-pandemi
Helal, G., Ozuem, W., & Lancaster, G. (2018). Social media brand perceptions of millennials. International Journal of Retail and Distribution Management, 46(10), 977–998. https://doi.org/10.1108/IJRDM-03-2018-0066
Hien, N. N., & Nhu, T. N. H. (2022). The effect of digital marketing transformation trends on consumers’ purchase intention in B2B businesses: The moderating role of brand awareness. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2105285
Jadhav, G. G., Gaikwad, S. V., & Bapat, D. (2023). A systematic literature review: digital marketing and its impact on SMEs. Journal of Indian Business Research, 15(1), 76–91. https://doi.org/10.1108/JIBR-05-2022-0129
Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006
Nugroho, A., Kartadie, R., & Hudianti, E. (2022). Pelatihan Online Marketing Bagi Pengusaha Tanaman Dalam Rangka Pengembangan Usaha Tanaman Hias. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(1), 22. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i1.564
Nugroho, B. S., Purnamasari, E., Prahara, T., & Ayuwardani, M. (2022). Penerapan Strategi Kaizen Production dan Integrated Digital Marketing Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Penjualan Tanaman Hias. Surya Abdimas, 6(2), 361–370. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i2.1736
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Philip Kotler, G. A. (2010). Principles of marketing (13th ed.). New Jersey: Pearson Education Limited.
Ryan, D. (2014). Understanding Digital marketing. Kogan Page Limited.
Zahira, N. (n.d.). Permintaan Tinggi, Pelaku Usaha Tanaman Hias Kesulitan Ekspor ke UEA. Retrieved August 13, 2023, from https://katadata.co.id/tiakomalasari/berita/63493c6ae34c9/permintaan-tinggi-pelaku-usaha-tanaman-hias-kesulitan-ekspor-ke-uea
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Ni Putu Nurwita Pratami Wijaya, Gallang Perdhana Dalimunthe, Dinda Kayani Putri Bestari, Annisa Lisdayanti, Ifa Latifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.