STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU USAHA TANAMAN HIAS DI KELURAHAN SUKAMISKIN,KECAMATAN ARCAMANIK,KOTA BANDUNG

Authors

  • Ni Putu Nurwita Pratami Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Gallang Perdhana Dalimunthe Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Dinda Kayani Putri Bestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Annisa Lisdayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Ifa Latifah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1364

Keywords:

Digital marketing; sosial media; instagram

Abstract

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai wujud pelaksanaanTri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini sejalan dengan tujuan untuk tercapainya tujuan pembangunan nasional dengan mengembangkan kemampuan masyarakat.  Kegiatan pemasaran merupakan hal penting dilakukan pelaku usaha untuk pertumbuhan bisnisnya. Terutama dalam era digital ini, dimana kegiatan pemasaran juga dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Melalui kegiatan PKM yang ditujukan kepada pelaku usaha di Kecamatan Arcamanik Bandug ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha untuk memasarkan produknya melalui media digital khusushnya pada media sosial. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan minat beli masyarakat sehingga berdampak positif pada penjualan produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara. (2021). Infografis Ekspor Tanaman Hias Indonesia Naik 69,7 Persen. Retrieved from https://www.inews.id/multimedia/infografis/infografis-ekspor-tanaman-hias-indonesia-naik-697-persen

Basri, W. S. M., & Siam, M. R. A. (2019). Social media and corporate communication antecedents of SME sustainability performance. Journal of Economic and Administrative Sciences, 35(3), 172–182. https://doi.org/10.1108/jeas-01-2018-0011

Damayanti, A., Nugroho, A., & Windarti, S. (2022). Peningkatan Kapasitas Kelompok Desa Wisata Wukirsari Dalam Pemasaran Online Menggunakan Sosial Media Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(1), 15. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i1.566

Faris, A., & Himawan, I. (2019). Digital Marketing: Peningkatan Kapasitas Dan Brand Awareness Usaha Kecil Menengah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(2), 2579–2647.

Hardi, A. T. (2020). Tanaman Hias Bisnis Menjanjikan di Tengah Pandemi. Retrieved August 13, 2023, from https://mediaindonesia.com/nusantara/358470/tanaman-hias-bisnis-menjanjikan-di-tengah-pandemi

Helal, G., Ozuem, W., & Lancaster, G. (2018). Social media brand perceptions of millennials. International Journal of Retail and Distribution Management, 46(10), 977–998. https://doi.org/10.1108/IJRDM-03-2018-0066

Hien, N. N., & Nhu, T. N. H. (2022). The effect of digital marketing transformation trends on consumers’ purchase intention in B2B businesses: The moderating role of brand awareness. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2105285

Jadhav, G. G., Gaikwad, S. V., & Bapat, D. (2023). A systematic literature review: digital marketing and its impact on SMEs. Journal of Indian Business Research, 15(1), 76–91. https://doi.org/10.1108/JIBR-05-2022-0129

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Nugroho, A., Kartadie, R., & Hudianti, E. (2022). Pelatihan Online Marketing Bagi Pengusaha Tanaman Dalam Rangka Pengembangan Usaha Tanaman Hias. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(1), 22. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i1.564

Nugroho, B. S., Purnamasari, E., Prahara, T., & Ayuwardani, M. (2022). Penerapan Strategi Kaizen Production dan Integrated Digital Marketing Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Penjualan Tanaman Hias. Surya Abdimas, 6(2), 361–370. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i2.1736

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Philip Kotler, G. A. (2010). Principles of marketing (13th ed.). New Jersey: Pearson Education Limited.

Ryan, D. (2014). Understanding Digital marketing. Kogan Page Limited.

Zahira, N. (n.d.). Permintaan Tinggi, Pelaku Usaha Tanaman Hias Kesulitan Ekspor ke UEA. Retrieved August 13, 2023, from https://katadata.co.id/tiakomalasari/berita/63493c6ae34c9/permintaan-tinggi-pelaku-usaha-tanaman-hias-kesulitan-ekspor-ke-uea

Published

2023-08-31

How to Cite

Wijaya, N. P. N. P., Dalimunthe, G. P. ., Bestari, D. K. P. ., Lisdayanti, A. ., & Latifah, I. (2023). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU USAHA TANAMAN HIAS DI KELURAHAN SUKAMISKIN,KECAMATAN ARCAMANIK,KOTA BANDUNG. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 183-191. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1364

Most read articles by the same author(s)