PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU HANNOCHS DI TOKO SAMARINDA INDAH

Authors

  • Kevin Kevin Politeknik Cendana
  • A Mahendra Politeknik Cendana
  • Yuliana Yuliana Politeknik Cendana

DOI:

https://doi.org/10.51622/kafebis.v2i1.2299

Abstract

Keputusan pembelian adalah bentuk keputusan yang diambil oleh  customer mengenai preferensi suka atau tidak sukanya suatu produk dalam serangkaian pilihan, pelanggan beli produk ini berdasarkan kebutuhan mereka. Kualitas produk yaitu keunggulan sebuah produk dalam menjalankan perannya. Sedangkan citra merek merupakan gambaran keyakinan konsumen akan suatu brand yang tertanam dalam bentuk asosiasi atau terkait dengan ingatan konsumen. Perumusan masalah pada penelitian ini, “Apakah ada pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian lampu hannochs di Toko Samarinda Indah”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian Lampu Hannochs di Toko Samarinda Indah. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif asosiatif hubungan kausal. Jumlah responden/sampel sebanyak 85 pembeli lampu hannochs dari populasi konsumen yang pernah membeli lampu hannochs dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Besar pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian dapat dilihat pada hasil uji determinasi (R2) secara persentase adalah sebesar 69%. Dengan hasil koefisien determinasi ini maka dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian Lampu Hannochs di Toko Samarinda Indah sebesar 69% dipengaruhi kualitas produk dan citra merek, sedangkan sisanya 31% merupakan sumbangan faktor lain yang dapat dijelaskan oleh variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-29