PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN DI RESTORAN MIE AYAM JAMUR HAJI MAHMUD MEDAN
Keywords:
Kata kunci : Kualitas Produk, Brand Image, Kepuasan, Keywords: Product Quality, Brand Image, SatisfactionAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pembelian di Restoran Mie Ayam Mushroom Haji Mahmud. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif, penelitian asosiasif adalah metode penelitian yang bersifat menanyakan antara 2 variabel atau lebih. brand image adalah sekumpulan identitas produk dari suatu perusahaan yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen yang mengacu pada sikap dan keyakinan terhadap sebuah merek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil analisis penelitian dilakukan dengan alpha sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,116 > 1,98472 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 > 0,05. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian dengan nilai tcount sebesar 4,479 > 1,98472 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Secara simultan atau bersama-sama antara kualitas produk dan variabel citra merek mempengaruhi kepuasan pembelian dengan memperoleh nilai fcount sebesar 24.916 > 3,09 dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05. Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pembelian dapat dilihat pada hasil uji determinasi (R2) sebagai persentase sebesar 33,9%. Dengan hasil koefisien determinasi ini, dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan di Restoran Mie Jamur Haji Mahmud Medan sebesar 33,9% dipengaruhi oleh kualitas produk citra merek sedangkan sisanya 66,1% disumbang oleh faktor-faktor lain yang dapat dijelaskan oleh faktor lain variabel di luar model.
ABSTRACT
This research aims to determine the influence of product quality and brand image on purchase satisfaction at the Mie Ayam Mushroom Haji Mahmud Restaurant. This type of research is quantitative. The number of samples in this research was 100 respondents. The author uses an associative quantitative research method, associative research is a research method that asks questions between 2 or more variables. Brand image is a set of product identities from a company that can influence consumer behavior which refers to attitudes and beliefs towards a brand. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression data analysis technique. The results of the research analysis were carried out with an alpha of 5%. The research results show that product quality has a positive and significant effect on purchase satisfaction with a t value of 3.116 > 1.98472 and a significance value of 0.002 > 0.05. Brand image has a positive and significant effect on purchase satisfaction with a tcount value of 4.479 > 1.98472 and a significance value of 0.000 > 0.05. Simultaneously or together, product quality and brand image variables influence purchase satisfaction by obtaining a fcount value of 24,916 > 3.09 with a significance value of 0.000 <0.05. The influence of product quality and brand image on purchase satisfaction can be seen in the results of the determination test (R2) as a percentage of 33.9%. With the results of this coefficient of determination, it can be concluded that customer satisfaction at Mie Jamur Haji Mahmud Medan Restaurant is 33.9% influenced by product quality, brand image, while the remaining 66.1% is contributed by other factors which can be explained by other external variables. model..
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Evi Febriana, Weny Weny, Ngajudin Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.