PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP DAMPAK PENGGUNAAN ULANG ONLINE SHOPPING PADA E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Tania Anggelina Lubis Politeknik Cendana
  • Ngajudin Nugroho Politeknik Cendana

Keywords:

Persepsi manfaat, Persepsi kemudahan, keputusan konsumen

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan baik secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan ulang online shopping aplikasi Shopee. Metode penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kuatitatif yang dikombinasikan dengan penelitian survei. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Shopee yang sering menggunakan ulang online shopping sebanyak 56.000.000 pelanggan, sedangkan jumlah sampel dapat dihitung dengan menggunakan rumus slovin sebesar 100 pelanggan Shopee yang menggunakan ulang aplikasi online shopping Shopee dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil penelitian menjabarkan bahwa secara parsial dan simultan persepsi manfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan ulang online shopping aplikasi Shopee. Dari hasil koefisien determinasi variabel keputusan konsumen untuk menggunakan ulang online shopping dari aplikasi Shopee dapat dijelaskan oleh variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan sebesar 76,7%, sisanya sebesar 23,3% dijelaskan oleh variabel lainnya pada penulisan tugas akhir ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-30