Pengaruh Promosi dan Iklan di Media Sosial Terhadap Volume Penjualan Pada UD. TANDA SETIA
DOI:
https://doi.org/10.51622/vsh.v6i1.2446Keywords:
Promotion, Advertisement, Sales VolumeAbstract
This research is a quantitative study with an associative nature. The purpose of this study is to determine the impact of promotions and advertisements on social media on sales volume at UD. Tanda Setia located in Gunungsitoli City. This research uses primary data collected through questionnaires and interviews. In this study, the researcher employs quantitative analysis, multiple linear regression analysis, and the coefficient of determination analysis with the help of SPSS 30. The population in this study consists of all employees and customers of UD. Tanda Setia who have ever made a purchase at UD. Tanda Setia. The results of the research, based on the t-test and F-test, show that both promotions and advertisements have a positive and significant impact on sales volume. In the coefficient of determination test, the results indicate that 92.7% of the variance in sales volume can be explained by promotions and advertisements, while the remaining 7.3% can be explained by other variables not included in this study.
Downloads
References
Andriana, N. Azzahra, Lu, C., & Kuswoyo, C. (2021). Efektivitas Pemasaran Media Sosial Tiktok Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Di Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan X). 10(3), 1683–1693.
Atmaja, I. M. D., Suteja, I. M. M., & Diana, K. S. T. (2023). Pengaruh Sosial Media Facebook Pada Penjualan Studi Kasus Pada Umkm Group Wisata Kuliner Pringsewu. 1(2), 50–60.
Didit Widiatmoko (2021). Metodologi Penelitian.
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss.Penerbit : Badan Penerbit Bpfe, Yogyakarta
Indriastuti, P. W. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Volume Penjualan Usaha Kecil Dan Menengah (Studi Pada Pengrajin Tas Dan Koper Di Desa Kludan, Tanggulangin- Sidoarjo). 1–16.
Kotler, Philip Dan Keller, Kevin Lane, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas, Jilid Dua, Penerbit : Erlangga, Jakarta
Kurniawan (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan di Media Sosial Terhadap Volume Penjualan
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt. Prenhallindo, 2007
Pakpahan, Efendi. Volume Penjualan, Jakarta: Pt. Bina Intitama Sejahtera, 2009
Pirmansyah. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Bisnis Online Dalam Meningkatkan Volume Penjualan.
Prabowo, A. A., Setiawan, T., & Chumaeson, W. (2023). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Pengrajin Tembaga Pasca Pandemi Di Desa Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. 03(01), 25–36.
Prasetyo (2023) pengaruh promosi dan iklan terhadap penjualan jenang pada perusahaan jenang yang berlokasi di Sukoharjo
Putriani, C. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Iklan Di Facebook Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bprs Adam Kota Bengkulu.
Rri.Co.Id
Rasyadi (2017). Pengaruh Promosi dan Iklan Terhadap Volume Penjualan di UMKM Kota Palu
Satriawan, R. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Kangaroo Motor Mandiri Skripsi.
Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan Dan Endorser Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. 1(1), 1–15.
Solikhatun, I., Rahayu, T. I., & Demak, S. F. (2024). Strategi Promosi Melalui “ Media Sosial Facebook” Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen Kuliner Bakso Balungan. 5(1), 39–49.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.
Subagyo Ahmad, 2010, Marketing In Business, Edisi Pertama, Cetakan Pertama,Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta
Subagyo Ahmad, 2010, Marketing In Business, Edisi Pertama, Cetakan Pertama,Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta
Sugiyono, 2011. Statistik Untuk Penelitian, Cetakan Kesembilanbelas, Penerbit :
Alfabeta, Bandung
Sunyoto Danang, 2013, Perilaku Konsumen, (Panduan Riset Sederhana Untukmengenali Konsumen), Cetakan Pertama, Penerbit : Caps, Yogyakarta
Sunyoto, Danang, 2015, Strategi Pemasaran, Cetakan Pertama, Penerbit: Caps,Yogyakarta.
Swastha, Basu Dan T. Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran, Analisaperilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Keempat, Penerbit : Bpfe,Yogyakarta
Tjiptono, Fandy, 2015, Strategi Pemasaran, Edisi Keempat, Penerbit : Andi Offset,Yogyakarta
Zulaika, Z., Zulfadhli, & Suraiya, N. (2022). Kontribusi Media Sosial Instagram Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Di Coffee Gampong Peuniti Banda Aceh. 4(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Henni Wika Harefa; Maria Magdalena Bate'e, Martha Surya Dinata Mendrofa, Serniati Zebua

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.