Evaluasi Zona Selamat Sekolah Di Kota Medan (Studi Kasus : Di Jalan Gajah Mada)

Authors

  • Johan Oberlyn Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Nurvita Insani Magdalena Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Sandi Pratama Turnip Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

Kapasitas, Volume Lalu Lintas, Tingkat Pelayanan Jalan, Kecepatan Sesaat

Abstract

Tingkat keselamatan pengguna jalan terutama pada anak-anak di sekitar lingkungan sekolah masih sangat rendah, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi pada saat menyebrang jalan ketika hendak pergi sekolah maupun pulang sekolah. Untuk itu ZoSS merupakan salah satu bentuk manajemen lalu lintas dalam rangka pemenuhan rasa aman untuk menyebrang jalan bagi pejalan kaki agar mengurangi angka kecelakaan lalu lintas khususnya dalam bentuk tanggung jawab terhadap keselamatan anak sekolah, pemerintah melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat, membuat program Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Namun pada kenyatannya banyak Zona Selamat Sekolah yang belum efektif, seperti pada ZoSS di Jalan Gajah Mada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pelayanan ruas jalan ZoSS dan tingkat efektifitas ZoSS. Metode yang digunakan untuk analisis pelayanan ruas jalan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, dan untuk analisis efektifitas ZoSS berpedoman pada Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor SK.3582/AJ.403/DRJD/2018. Hasil analisis pelayanan ruas jalan, untuk kemampuan ruas Jalan Gajah Mada dapat meloloskan C = 5.100,48 (smp/jam), jumlah volume lalu lintas Q = 3.068,5 (smp/jam) dan derajat kejenuhan bisa dikatakan stabil dengan nilai derajat kejenuhan DS = 0,60 mendapat pelayanan jalan B. Hasil analisis efektifitas ZoSS didapat kecepatan sesaat rata-rata adalah 31,91 (km/jam), hal ini menunjukan bahwa kendaraan yang melewati ZoSS tidak mengikuti peraturan batas maksimum di wilayah ZoSS.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-29