Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-gala
Keywords:
Teams Games Tournaments, Learning Outcomes, Social SciencesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT (Times Games Tournaments) terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-gala. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-gala. Teknik penarikan sampel yang digunkan yaitu random sampling. Yaitu kelas VII-1 dan VII-3 masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunkan adalah tes hasil belajar bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Sebelum diberikan perlakukan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat untuk mengetahui apakah sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya pretest masing-masing 34,038 dan 36,481 dengan standar deviasi 12,167 dan 12,846. Setelah perlakuan selanjutnya diberikan posstest di peroleh rata-rata masing-masing 76,154 dan 53,889 dengan standar deviasi 12,674 dan 11,463. Untuk melihat perbedaan kedua kelas dilakukan uji t satu pihak dengan a=0,05 di peroleh bahwa thitung > ttabel yang mengindikasi bahwa ada perbedaan hasil belajar pada kedua kelas. Akhirnya disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-gala.
Downloads
References
Alhadi, E., Nanda, F. F., Augustini, M. C., & Desnita, D. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.120-128
Dapot, Tua, M., & M.Siahaan. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel SMP Negeri 15 Medan. 3, 433–450.
Hidayatus, S. (2022). Penerapan TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XII A Pada Mata Pelajaran SKI Di MA Ma’arif Balong Ponorogo.
Lisenia Monika, S., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Lisenia. Jurnal Basicedu, 5(4), 5877–5889.
Manurung, S., & Sianipar, V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Parulian 2 Medan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Entrepreneurship, 1(1), 36–44. https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/entrepreneurship/article/view/982
Media, R., Yenita, Yuanita, P., Saragih, S., Alfajri, H., & Saputra, A. (2017). Computer-Based Media for Learning Geometry at Mathematics Class of Secondary Schools. Journal of Educational Sciences, 1(1), 79. https://doi.org/10.31258/jes.1.1.p.79-91
MILAWATI, N. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Times Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Disik Kelas VII DI SMP Amal Bakti Jati Agung Lampung Selatan.
Nova, Y., Sari, S., Pardede, L., M, M., & Wati, M. P. (2023). Peran Guru Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Kenakalan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siempat Nempu. 3, 11268–11278.
Reky, L., & Pd, M. I. (2021). PASCAPANDEMI. 0719028504.
Sipakyah. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS Vll PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MTsN 1 MATARAM. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Sarah Indah Manalu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY-SA 4.0