Pelatihan Aplikasi Canva untuk Pembuatan Konten Digital Marketing Bagi Pengrajin Gerabah di Desa Bumijaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Banten

Authors

  • Sulaeman Deni Ramdani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ananda Yhuto Wibisono Putra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Herlina Pratiwi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.51622/pengabdian.v5i1.1925

Keywords:

gerabah, bumijaya, digital marketing, canva, pelatihan

Abstract

Perkembangan teknologi digital saat ini sangatlah pesar. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh dan tuntutan zaman yang semakin tinggi dan canggih untuk mempermudah urusan manusia. dsiamping pesatnya perkembangan teknologi, gerabah merupakan salah satu warisan budaya tak benda yang memiliki nilai sejarah, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan seni yang tinggi yang sampai saat ini masih dilestarikan. Gerabah menjadi salah satu karya seni yang sangat bernilai ditengah pesatnya perkembangan teknologi yang begitu pesat. Perkembangan kerajinan gerabah menjadi sangat sulit karena mulai ditinggalkan oleh generasi muda meskipun secara produk masih tetap dibutuhkan oleh masyarakat sebagai koleksi seni atau perabotan yang memang masih menggunakan bahan dasar tanah liat dikehidupan sehari-hari. Permasalahan lainya yaitu dalam pemasaran produk. Hal ini dikarenakan para pengrajin yang kebanyakan sudah mencapai usia tua sehingga tidak dapat mengoptimalkan potensi teknologi digital dalam pemasaran. Hal ini terjadi di desa bumijaya kecamatan ciruas kabupaten serang provinsi banten. Tempat tersebut merupakan salah satu lokasi dimana para pengrajin gerabah  sudah turun temurun melestarikan kerajinan gerabah. Tetapi perkembangannya saat ini semakin menurun karena adanya teknologi yang mulai menyisihkan kerajinan gerabah sehingga perlu adanya inovasi untuk memasarkan gerabah secara digital. Metode yang dipakai adalah workshop dengan ceramah dan demonstrasi melatih para pengraji gerabah agar mampu mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Berdasarkan hasil kegiatan menunjukan bahwa pelatihan memberikan dampak positif dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta. Hal ini ditunjukan dengan nilai efektivitas kegiatan pelatihan yaitu dengan kategori sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, A., Ruma, Z., & Budiyanti, H. (2019). Pelatihan penyusunan anggaran komprehensip pada pemilik usaha gerabah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 8, 492–494.

Dewi, N. K., Suartini, L., Rediasa, N., Pendidikan, J., & Rupa, S. (n.d.). KERAJINAN GERABAH TINGGANG DI DESA BANYUMULEK, KECAMATAN KEDIRI, LOMBOK BARAT.

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (n.d.). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19.

Erica Purnawanti. (2021). Pemasaran Gerabah Guci Di Bayat Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hastuti, I. (2012). Perkembangan Usaha Industri Kerajinan Gerabah, Faktor Yang Mempengaruhi, Dan Strategi Pemberdayaanya Pada Masyarakat Di Desa Melikan Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(2).

Kusuma1, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33.

Mudra, I. W. (2018). Reproduksi Gerabah Serang Banten di Bali. Deepublish.

Pamungkas, H. A., Hidayatulloh, A., & Yogyakarta, I. (2019). Faktor penentu perkembangan umkm gerabah kasongan bantul yogyakarta Determinants of the development of the kasongan bantul earthenware vessel. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 15(1), 65–71.

Qoyimah, D., Sukidin, & HMS, U. (2014). ANALISIS HAMBATAN DAN PERKEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI KERAJINAN KERAMIK DAN GERABAH DI DUSUN PAGERJURANG, KLATEN, JAWA TENGAH.

Sudianto, A., & Sadali, M. (2018). Penerapan Sistem Informasi Geografis (GIS) dalam Pemetaan Kerajinan Kain Tenun dan Gerabah untuk Meningkatkan Potensi Kerajinan di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Informatika Dan Teknologi, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.29408/jit.v1i2.882

Sundari, J., & Nainggolan, E. R. (2017). E-marketplace desa gerabah untuk pengrajin di desa bumi jaya serang banten. Journal Industrial Servicess, 3(1), 68–73.

Published

2024-01-19

How to Cite

Deni Ramdani, S., Yhuto Wibisono Putra, A. ., & Pratiwi, H. (2024). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Pembuatan Konten Digital Marketing Bagi Pengrajin Gerabah di Desa Bumijaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Banten. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 130-140. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v5i1.1925