PELATIHAN EFFLEURAGE MASSAGE TERHADAP NYERI DISSMENORE DI KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA UTARA

Authors

  • Nurayuda Poltekkes Kemenkes Palembang, Palembang, Indonesia
  • Rosdiana Poltekkes Kemenkes Palembang, Palembang, Indonesia
  • Surti Anggraini Poltekkes Kemenkes Palembang,Indonesia
  • Sari Wahyuni Poltekkes Kemenkes Palembang, Palembang, Indonesia
  • Miskiyah Poltekkes Kemenkes Palembang, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1370

Keywords:

dismenore, eflleurage massage, remaja putri

Abstract

Mentsruasi adalah hal yang normal terjadi pada wanita. Sebagian besar wanita khususnya remaja seringkali mengalami keluhan selama periode menstruasi seperti dismenore. Dismenore mengacu pada nyeri kram di perut bagian bawah yang terasa sampai ke bagian bawah dan atas pinggang. Massage effleurage merupakan teknik yang dilakukan dengan tekanan yang tenang dan lembut ke arah distal, mendorong relaksasi fisik dan mental dengan adanya efek yang ditimbulkan dari massage effleurage tersebut sehingga dapat menurunkan dismenore. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang massage effleurage pada remaja putri dalam mengatasi nyeri dismenore. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di Prodi Diploma Tiga Kebidanan Muara Enim Poltekkes Kemenkes Palembang yang diikuti oleh 20 orang remaja putri. Kegiatan diawali dengan pre test, pembagian leaflet, penjelasan materi dengan metode ceramah Tanya jawab, demonstrasi dan post test. Hasil dalam pengabdian masyarakat ini terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan remaja putri mengenai teknik eflleurage massage, hal ini terlihat dari peningkatan hasil post test yang dilakukan. Luaran yang dicapai adalah peningkatan pengetahuan remaja putri tentang eflleurage massage dan terbentuknya buku saku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugroho, (2011).Cara jitu mengatasi nyeri haid. Yogyakarta : Nuha Medika.

Anggarani, M (2015). Pengaruh Integrated Neuromuscular Inhibition Techniques dan Massage Effleure terhadap Penurunan Nyeri dan Peningkatan Kemampuan fungsional pada Fibromyaigia Syndrome Otot Upper Trapeziu.Program Studi S1 Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Batubara, J. R. (2010). adolescent development (perkembangan remaja). jakarta. Sari pediatri.Vol 12, No 1.Departemen ilmu kesehatan anak RS Drs Cipto Mangunkusumo.

Dahro, Ahmad. (2012). Buku Psikologi Kebidanan Analisis Perilaku Wanita untuk Kesehatan. Salemba Medika : Jakarta.

Nafiroh, D dan Indrawati Devi, N. (2013).Vol 4 No 1.Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Dismenore pada siswa putrid di Mts Nu Mranggen Kabupaten Demak.Prodi D2 Kebidanan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammad Semarang.

Parulian, TS. Sitompul, J. oktrifiana AN.

(2014). Pengaruh teknik effleurage massage terhadap perubahan nyeri pada ibu post partum di rumah sakit Sariningsih Bandung, Bandung. Manuaba,I.B.G.,I.A.ChandranitaManuaba,dan

I.B.G.Fajar Manuaba. Pengantar Kuliah Obstetri.Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2007.

Lestari, Hesti, Jane Metusala, and Diana Yuliani Suryanto. Gambaran dismenorea pada remaja putri sekolah menengah pertama di Manado. Sari Pe diatri12.2,2016:99-102.

Proverawati. Menarche Menstruasi Pertama penuh Makna. Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.

Fahmi,M.F.Pengaruh vitamin E dalam mengurangi nyeri haid(dismenore) pada wanita usia muda yang dinilai dengan visual analog scale. Medan:Universitas Sumatera Utara,2014.

Astria, Indah, SriUtami, and Wasisto Utomo. Efektifitas Kombinasi Teknik Slow Deep Breathing dan Teknik Effleurage terhadap Intensitas Nyeri Dismenorea.Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau.2.2,2015: 1169-1177.

Notoatmojo,S. Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta: RinekaCipta, 2010.

Potter,P.A,Perry,A.G.BukuAjar

Fundamental Keperawatan:Konsep, Proses dan Praktik. Edisi 4. Volume 2.Alih Bahasa: Renata Komalasari, dkk. Jakarta: EGC,2006.

Parulian,Tina Shinta, Junatri Sitompul, and

A.N.Oktifriana.Pengaruh Teknik Effleurage Massage Terhadap Perubahan Nyeri Pada Ibu Post Partum Di Rumah Sakit Sariningsih Bandung, 2014.

Potter,P.A,Perry,A.G.BukuAjar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Edisi 4. Volume 2.Alih Bahasa: RenataKomalasari, dkk. Jakarta: EGC,2006.

Published

2023-08-31

How to Cite

Nurayuda, Rosdiana, Anggraini, S. ., Wahyuni, S., & Miskiyah. (2023). PELATIHAN EFFLEURAGE MASSAGE TERHADAP NYERI DISSMENORE DI KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA UTARA. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 173-182. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1370