ANALISIS PEMIDANAAN WARGA NEGARA ASING YANG MELAKUKAN PENANGKAPAN IKAN DI ZEEI TANPA MENGGUNAKAN SURAT IZIN PENANGKAPAN IKAN (STUDI PUTUSAN NOMOR 1/PID.SUS-PRK/2019/PN.MDN)

Authors

  • Jahya Priono Nainggolan Universitas HKBP Nommensen
  • Budiman NPD Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Besty Habeahan Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

TindakPidana, Izin Penangkapan Ikan, Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, Pertimbangan Hakim

Abstract

Bentuk geografis  indonesia sebagai Negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang sebagian besarnya terdiri dari perairan. Potensi sumber daya perikanan di Indonesia dapat di manfaatkan oleh semua warga negara. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Hukum Yuridis Normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan hakim merupakan salah satu aspek terpenting dalam menentukan terwujudnya nilai dari suatu putusan Hakim yang mengandung keadilan dan mengandung kepastian hukum. Didalam putusan Nomor 1.Pid/Sus.Prk/2019/Pn.Mdn dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana terdiri dari segi yuridis dan non-yuridis. Hakim memberlakukan dakwaan kesatu yang diajukan penuntut umum di persidangan kepada terdakwa sebab melakukan penangkapan ikan di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) tanpa menggunakan surat izin penangkapan ikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-08-24

How to Cite

nainggolan, jahya priono, Sinaga, B. N., & Habeahan, B. (2019). ANALISIS PEMIDANAAN WARGA NEGARA ASING YANG MELAKUKAN PENANGKAPAN IKAN DI ZEEI TANPA MENGGUNAKAN SURAT IZIN PENANGKAPAN IKAN (STUDI PUTUSAN NOMOR 1/PID.SUS-PRK/2019/PN.MDN). Jurnal Hukum PATIK, 8(2), 137-149. Retrieved from https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/patik/article/view/264

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>